Konstribusi Kegiatan Ekstrakurikuler Kepramukaan pada Pembelajaran Geografi di MA Nahdlatul Muslimin Undaan Tahun Ajaran 2010/2011
Sinus Ahmad , 3201406529 (2011) Konstribusi Kegiatan Ekstrakurikuler Kepramukaan pada Pembelajaran Geografi di MA Nahdlatul Muslimin Undaan Tahun Ajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Konstribusi Kegiatan Ekstrakurikuler Kepramukaan pada Pembelajaran Geografi di MA Nahdlatul Muslimin Undaan Tahun Ajaran 2010/2011)
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pada dasarnya kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan yang dilaksanakan disekolah atau diluar sekolah untuk lebih memperluas serta penerapan nilai pengetahuan dan kemampuan yang telah dipelajari dari berbagai mata pelajaran disekolah. Berdasarkan pengertian tersebut diketahui bahwa kegiatan ekstrakurikuler mempunyai konstribusi terhadap mata pelajaran yang berhubungan dengan kegiatan ekstrakurikuler tersebut. Salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang berkaitan dengan pembelajaran geografi disekolah yaitu kegiatan kepramukaan, banyak kegiatan-kegitan didalam kepramukaan yang berhubungan langsung dengan pembelajaran geografi disekolah, sehingga para siswa tidak hanya memahami materi dari kegiatan belajar mengajar disekolah, tetapi juga mampu menerapkanya di lapangan. Kegiatan tersebut diantaranya tentang pemahaman peta, pemahaman tentang lingkungan hidup, pemahaman tentang kompas dan pemetaan suatu wilayah, serta interaksi sosial. Latar belakang masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah konstribusi kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan pada pembelajaran geografi di MA Nahdlatul Muslimin Undaan tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konstribusi kegiatan ekstrakurikuler pada pembelajaran geografi di MA Nahdlatul Muslimin Undaan Kudus tahun ajaran 2010/2011. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka di MA Nahdlatul Muslimin yang berjumlah 425 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik propotional random sampling yaitu teknik pengambilan sampel yang dilakukan secara berimbang dan acak dari populasi dengan mengacu pada kelas masing-masing siswa sebanyak 85. Variabel dalam penelitian ini yaitu kegiatan-kegiatan yang ada didalam kegiatan pramuka, yaitu kegiatan yang bersifat fisik dan kegiatan yang bersifat sosial. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode analisis deskriftif. Hasil penelitian menunjukan bahwa bahwa kegiatan ekstrakurikuler mempunyai konstribusi positif pada pembelajaran geografi di MA Nahdlatul Muslimin Undaan tahun ajaran 2010/2011, yaitu sebesar 85.88% siswa memahami materi kepramukaan yang berhubungan dengan kegiatan ekstrakurikuler pramuka dan 14.11% siswa tidak memahami. Berdasarkan simpulan tersebut disarankan agar pihak sekolah lebih mengoptimalkan kegiatan ekstrakurikuler yang ada disekolah tersebut, sehingga konstribusi kegiatan ekstrakurikuler terhadap mata pelajaranpun akan lebih maksimal
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kegiatan Ekstrakurikuler, Pembelajaran Geografi |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 30 Nov 2011 02:48 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 07:48 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10134 |
Actions (login required)
View Item |