Perbedaan Pengembangan Silabus Mata Pelajaran Bahasa Jawa di SMP N 2 Kudus dan MTs NU Banat Kabupaten Kudus Tahun Ajaran 2010/2011
Ermalita Inayatun HS , 2102407182 (2011) Perbedaan Pengembangan Silabus Mata Pelajaran Bahasa Jawa di SMP N 2 Kudus dan MTs NU Banat Kabupaten Kudus Tahun Ajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Perbedaan Pengembangan Silabus Mata Pelajaran Bahasa Jawa di SMP N 2 Kudus dan MTs NU Banat Kabupaten Kudus Tahun Ajaran 2010/2011)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Proses penyelenggaraan pendidikan cenderung memberi perlakuan yang standar kepada semua siswa, padahal setiap siswa mempunyai kemampuan yang berbeda. Pembelajaran bahasa Jawa di SMP N 2 Kudus menggunakan silabus dari MGMP Kabupaten Kudus yang telah dimodifikasi oleh guru dengan menyesuaikan kemampuan siswa. Di MTs NU Banat memberikan pelayanan pendidikan dengan mengacu pada silabus yang telah dimodifikasi oleh guru dengan menyesuaikan kemampuan siswa. Pembelajaran bahasa Jawa di SMP N 2 Kudus adalah 2 jam pelajaran selama seminggu, sedangkan pembelajaran bahasa Jawa di MTs NU Banat adalah 1 jam pelajaran selama seminggu. Dengan adanya perbedaan alokasi waktu tersebut, diduga mempengaruhi perbedaan pengembangan pada komponen-komponen lain dalam silabus (kompetensi dasar, indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan penilaian). Oleh karena itu, perbedaan pengembangan silabus dirasa pantas untuk dikaji. Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah apakah yang menjadi perbedaan pengembangan silabus mata pelajaran bahasa Jawa kelas IX di SMP N 2 Kudus dan MTs NU Banat Kabupaten Kudus Tahun Ajaran 2010/2011. Berdasar rumusan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan pengembangan silabus mata pelajaran bahasa Jawa kelas IX di SMP N 2 Kudus dan MTs NU Banat Kabupaten Kudus Tahun Ajaran 2010/2011. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Data penelitian ini berupa uraian silabus (kompetensi dasar, indikator, materi pokok, pengalaman belajar, alokasi waktu, sumber/bahan/alat, dan penilaian) mata pelajaran bahasa Jawa kelas IX di SMP N 2 Kudus dan MTs NU Banat di Kabupaten Kudus, sedangkan sumber data berasal dari silabus mata pelajaran bahasa Jawa di SMP N 2 Kudus dan MTs NU Banat Kudus dan guru bahasa Jawa kelas IX di SMP N 2 Kudus dan MTs NU Banat. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah metode dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa silabus mata pelajaran bahasa Jawa yang digunakan di SMP N 2 Kudus dan MTs NU Banat terdapat perbedaan. Perbedaan tersebut meliputi: (1) Kompetensi dasar. (2) Indikator. (3) Pengalaman belajar. (4) Materi belajar. (5) Alokasi waktu. (6) Teknik penilaian. (7) Sumber belajar. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, saran yang diberikan adalah sebagai berikut. Dalam mengembangkan kompetensi dasar hendaknya berorientasi pada standar kompetensi dan kompetensi dasar yang telah tercantum pada Standar Isi yang ditetapkan oleh Propinsi Jawa Tengah. Sebaiknya guru hendaknya mampu membedakan bentuk pengembangan yang sesuai pada indikator dan bentuk pengembangan pada pengalaman belajar. Guru hendaknya lebih kreatif lagi dalam memilihkan pengalaman belajar bagi siswa. Guru hendaknya dapat lebih kreatif dan variatif dalam pemilihan materi yang akan dikembangkan, penilaian yang dilakukan, dan media yang digunakan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan silabus, SMP, dan MTs. |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 30 Nov 2011 01:05 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 07:47 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10120 |
Actions (login required)
View Item |