Peningkatan Keterampilan Menulis Petunjuk dengan Pendekatan PAIKEM melalui Media Permainan Origami pada Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Tanjungrejo Kudus
Sari Yuniarti , 2101407002 (2011) Peningkatan Keterampilan Menulis Petunjuk dengan Pendekatan PAIKEM melalui Media Permainan Origami pada Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Tanjungrejo Kudus. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Peningkatan Keterampilan Menulis Petunjuk dengan Pendekatan PAIKEM melalui Media Permainan Origami pada Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Tanjungrejo Kudus)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Menulis merupakan kegiatan kompleks yang membutuhkan pengetahuan dan keterampilan untuk menyampaikan suatu pesan kepada orang lain dengan medium bahasa yang telah disepakati bersama dan tidak secara tatap muka. Salah satu keterampilan menulis tersebut adalah keterampilan menulis petunjuk yang merupakan keterampilan yang harus dimiliki pada jenjang sekolah dasar. Keterampilan menulis petunjuk bertujuan untuk memberi ketentuan, pedoman, atau pengarahan dalam mengerjakan sesuatu. Peningkatan keterampilan menulis petunjuk perlu ditingkatkan dengan menggunakan pendekatan dan media belajar yang tepat. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran bahasa Indonesia diketahui bahwa tingkat keterampilan menulis petunjuk siswa kelas IV SD Negeri 01 Tanjungrejo Kudus masih rendah. Rendahnya keterampilan menulis petunjuk disebabkan oleh faktor internal atau dari siswanya dan faktor eksternal atau dari lingkungan sekitar. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) peningkatan keterampilan menulis petunjuk pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Tanjungrejo Kudus setelah mengikuti pembelajaran menulis petunjuk dengan pendekatan PAIKEM melalui media permainan origami dan (2) perubahan perilaku siswa kelas IV SD Negeri 01 Tanjungrejo Kudus setelah mengikuti pembelajaran menulis petunjuk dengan pendekatan PAIKEM melalui media permainan origami. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis petunjuk pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Tanjungrejo Kudus setelah mengikuti pembelajaran menulis petunjuk dengan pendekatan PAIKEM melalui media permainan origami; dan (2) mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas IV SD Negeri 01 Tanjungrejo Kudus setelah mengikuti pembelajaran menulis petunjuk dengan pendekatan PAIKEM melalui media permainan origami. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis petunjuk siswa kelas IV SD Negeri 01 Tanjungrejo Kudus. Dalam penelitian ini digunakan dua variabel yaitu (1) keterampilan menulis petunjuk dan (2) pendekatan PAIKEM melalui media permainan origami. Dalam pengumpulan data pada siklus I dan siklus II digunakan teknik tes dan nontes dengan penerapan teknik pembelajaran. Tes yang digunakan adalah tes unjuk kerja berupa penugasan menulis petunjuk, sedangkan teknik nontes yang digunakan berupa observasi, catatan harian siswa, catatan harian guru, wawancara, dan dokumentasi foto. Dalam penelitian ini digunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Teknik kuantitatif digunakan untuk menganalisis dan membandingkan hasil tes siklus I dan siklus II. Sementara itu, teknik kualitatif digunakan untuk menganalisis dan membandingkan hasil nontes siklus I dan siklus II. Penggunaan pendekatan PAIKEM melalui media permainan origami pada pembelajaran terbukti dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis petunjuk. Peningkatan ini dapat diketahui dari hasil tes yang dilakukan pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Tanjungrejo Kudus yang meliputi tes prasiklus, siklus I, dan siklus II. Pada prasiklus diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 63,65. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 69,45. Terjadi peningkatan hasil keterampilan menulis petunjuk sebesar 5,8 poin atau 9,11%. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 80,14. Jadi peningkatan keterampilan menulis petunjuk dari prasiklus ke siklus II adalah 16,49 poin atau 25,9% dan dari siklus I sampai siklus II adalah 10,69 poin atau 15,39%. Peningkatan keterampilan menulis petunjuk ini diikuti dengan perubahan perilaku siswa kelas kelas IV SD Negeri 01 Tanjungrejo Kudus yang berubah ke arah yang positif. Pada siklus II siswa terlihat lebih tertarik, lebih aktif, dan makin bersemangat mengikuti pembelajaran terhadap pendekatan yang digunakan guru. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, simpulan yang dapat diambil adalah keterampilan menulis petunjuk siswa kelas IV SD Negeri 01 Tanjungrejo Kudus mengalami peningkatan dan perubahan tingkah laku yang lebih positif setelah mengikuti proses pembelajaran dengan pendekatan PAIKEM melalui media permainan origami. Berdasarkan hal tersebut, peneliti menyampaikan kepada guru khususnya guru kelas IV SD Negeri 01 Tanjungrejo Kudus untuk menggunakan pendekatan PAIKEM melalui media permainan origami pada pembelajaran menulis petunjuk. Bagi peneliti, disarankan agar melakukan penelitian pengembangan yang lebih lanjut mengenai keterampilan menulis petunjuk.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan menulis, petunjuk, pendekatan PAIKEM, media permainan origami. |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 29 Nov 2011 08:40 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 07:47 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10101 |
Actions (login required)
View Item |