Peningkatan Pemahaman Konsep Bilangan Bulat Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas IV SDN Srondol Kulon 02 Semarang


Nuning Handayani , 1402908155 (2011) Peningkatan Pemahaman Konsep Bilangan Bulat Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas IV SDN Srondol Kulon 02 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Pemahaman Konsep Bilangan Bulat Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas IV SDN Srondol Kulon 02 Semarang]
Preview
PDF (Peningkatan Pemahaman Konsep Bilangan Bulat Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas IV SDN Srondol Kulon 02 Semarang) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang sesuainya pengalaman belajar yang dialami siswa, penyajian guru yang terlalu monoton, kurangnya mendayagunakan alat peraga, siswa kurang berani dan malu menanyakan permasalahan yang mereka hadapi dalam kegiatan belajar mengajar. Adapun model pembelajaran yang digunakan untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan: (1) Aktivitas guru dalam menggunakan pendekatan kontekstual. (2) Aktivitas siswa dalam pembelajaran (3) Hasil belajar siswa. Tempat penelitiannya yaitu di SDN Srondol Kulon 02. Subyek penelitiannya adalah guru dan siswa kelas IV SDN Srondol Kulon 02 Semarang yang berjumlah 31 siswa yang terdiri dari 15 siswa perempuan, 16 siswa laki-laki . Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Sedangkan teknik pengumpulan datanya adalah tes, dan pengamatan. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas dilakukan dalam 2 siklus. dimana masing-masing tahapan terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 24 Maret 2011, siklus II dilaksanakan pada tanggal 31 Maret 2011. Hasil penelitian dari pelaksanaan tindakan kelas ini adalah pada siklus I aktivitas guru mendapatkan skor 71,4% dalam kategori baik, siklus II skor yang diperoleh meningkat menjadi 89,2% dengan kategori sangat baik. Untuk aktivitas siswa meningkat siklus I skor yang diperoleh 61,2% dalam kategori cukup aktif dan siklus II dengan skor 76% dalam kategori aktif. Dalam siklus II telah mencapai ketuntasan karena telah mencapai tingkat ketuntasan yang ditentukan yaitu 65%. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan siklus I niai rata-rata 72,8 dengan ketuntasan klasikal 64,5% dan siklus II nilai rata-rata 86,4 dengan ketuntasan klasikal 90,3%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya pendekatan kontekstual pada pembelajaran matematika bilangan bulat di kelas IV SDN Srondol Kulon 02 Semarang ternyata dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar. Dengan meningkatnya hasil belajar siswa maka target ketuntasan belajar klasikal dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep, Pendekatan Pembelajaran Kontekstual
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 29 Nov 2011 07:29
Last Modified: 25 Apr 2015 07:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10096

Actions (login required)

View Item View Item