PENGARUH BAHASA IBU TERHADAP KEMAMPUAN PENGUASAAN KOSAKATA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA SISWA KELAS V DI SD ISLAM AL-AZHAR 25 SEMARANG


Jehannissa Restya Mahdian, 2102406656 (2011) PENGARUH BAHASA IBU TERHADAP KEMAMPUAN PENGUASAAN KOSAKATA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA SISWA KELAS V DI SD ISLAM AL-AZHAR 25 SEMARANG. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

[thumbnail of PENGARUH BAHASA IBU TERHADAP KEMAMPUAN PENGUASAAN KOSAKATA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA SISWA KELAS V DI SD ISLAM AL-AZHAR 25 SEMARANG] PDF (PENGARUH BAHASA IBU TERHADAP KEMAMPUAN PENGUASAAN KOSAKATA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA SISWA KELAS V DI SD ISLAM AL-AZHAR 25 SEMARANG)
Download (122kB)

Abstract

ABSTRAK Mahdian, Jehannissa Restya. 2010. Pengaruh Bahasa Ibu Terhadap Kemampuan Penguasaan Kosakata dalam Pembelajaran Bahasa Jawa Siswa Kelas V di SD Islam Al-Azhar 25 Semarang. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Drs. Widodo. Pembimbing II: Nur Fateah, S.Pd., M.A Kata kunci: bahasa ibu, kemampuan penguasaan kosakata bahasa Jawa Bahasa ibu merupakan bahasa pertama yang diajarkan orang tua kepada anak. Kebiasaan menggunakan bahasa ibu dimulai dari lingkungan keluarga. Siswa SD Al-Azhar 25 Semarang lebih dominan menggunakan bahasa Indonesia daripada bahasa Jawa sebagai bahasa ibu. Hal ini disebabkan karena sebagian besar siswa berasal dari luar kota, sehingga siswa lebih sering menggunakan bahasa Indonesia daripada bahasa Jawa. Kebiasaan tersebut menyebabkan kurangnya kemampuan siswa dalam penguasaan kosakata bahasa Jawa. Berdasarkan paparan tersebut rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh bahasa ibu terhadap kemampuan penguasaan kosakata dalam pembelajaran bahasa Jawa siswa kelas V di SD Islam Al-Azhar 25 Semarang? Penelitian ini bersifat kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas (x) dan variabel terikat (y). Variabel bebas penelitian ini yaitu bahasa ibu siswa, variabel terikatnya kemampuan siswa dalam penguasaan kosakata bahasa Jawa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Islam Al-Azhar 25 Semarang. Dari populasi tersebut ditetapkan kelas VA sebagai sampel penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket dan wawancara. Angket digunakan untuk mengetahui bahasa ibu siswa dan kemampuan siswa dalam penguasaan kosakata bahasa Jawa. Wawancara dilakukan apabila mengalami keraguan dari hasil data yang telah diperoleh. Analisis yang digunakan adalah deskriptif presentase kemudian dihitung dengan menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahasa ibu siswa kelas V SD Islam Al-Azhar 25 Semarang adalah bahasa Jawa dan bahasa Indonesia. Kemampuan siswa dalam penguasaan kosakata bahasa Jawa mempunyai rata-rata 55,6 temasuk dalam kategori sedang. Hasil analisis diperoleh persamaan garis regresi Ŷ = 6 + 1,3X. Uji keberartian persamaan regresi diperoleh Fhitung sebesar 8,8 dan Ftabel 4,20. Berdasarkan hasil tersebut Fhitung 8,8 > Ftabel 4,20 dapat disimpulkan terdapat hubungan antara bahasa ibu terhadap kemampuan penguasaan kosakata bahasa Jawa. Dengan kata lain hipotesis penelitian ini dapat diterima. Hal ini diperkuat dengan analisis korelasi product moment yang memperoleh hasil rhitung lebih besar dari rtabel (0,5 > 0,361). Besarnya pengaruh bahasa ibu terhadap kemampuan penguasaan kosakata bahasa Jawa (koefisien determinasi) sebesar 20%. Dari itu dapat disimpulkan bahasa ibu berpengaruh terhadap kemampuan penguasaan kosakata bahasa Jawa besarnya 20%, maka 80% dari faktor luar bahasa ibu. Berdasarkan hasil penelitian disarankan bagi orang tua perlu mengajarkan bahasa Jawa kepada anak di lingkungan keluarga, atau memilih bahasa Jawa sebagai bahasa ibu. Bagi sekolah, khusunya bagi guru bahasa Jawa untuk lebih sering menggunakan bahasa Jawa dalam berkomunikasi saat pembelajaran. Bagi siswa agar lebih membiasakan diri untuk menggunakan bahasa Jawa sebagai bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi sehari-hari. Bagi peneliti lain diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan pijakan untuk melakukan penelitian-penelitian selanjutnya.  

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bahasa ibu, kemampuan penguasaan kosakata bahasa Jawa
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Users 3263 not found.
Date Deposited: 29 Nov 2011 06:55
Last Modified: 29 Nov 2011 06:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10069

Actions (login required)

View Item View Item