PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB MELALUI MEDIA WEBLOG PADA INTERNET BAGI SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI PETARUKAN PEMALANG TAHUN AJARAN 2009/2010


CISMANTO , 2303406003 (2011) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB MELALUI MEDIA WEBLOG PADA INTERNET BAGI SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI PETARUKAN PEMALANG TAHUN AJARAN 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Warning
There is a more recent version of this item available.
[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB  MELALUI MEDIA WEBLOG PADA INTERNET BAGI SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI PETARUKAN PEMALANG  TAHUN AJARAN 2009/2010]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB MELALUI MEDIA WEBLOG PADA INTERNET BAGI SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI PETARUKAN PEMALANG TAHUN AJARAN 2009/2010) - Published Version
Download (28kB) | Preview

Abstract

Cismanto, 2010. Peningkatan Keterampilan Membaca Bahasa Arab Melalui Media Weblog Pada Internet Bagi Siswa Kelas VIII MTs. Negeri Petarukan- Pemalang Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab,Jurusan Bahasa dan Sastra Asing, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Singgih Kuswardono, S.Pd.I. Pembimbing II Hasan Busri, S.Pd.I.M.S.I. Kata kunci :keterampilan membaca bahasa Arab, media weblog pada internet Berdasarkan observasi awal yang dilakukan penulis, keterampilan membaca bahasa Arab siswa kelas VIII MTs. Negeri Petarukan- Pemalang masih rendah observasi yang dilakukan penulis adalah wacana terhadap guru dan siswa. Rendahnya kemampuan siswa dalam membaca bahasa Arab disebabkan oleh media yang digunakan guru dalam mengajar. Selama ini dalam pembelajaran, guru membacakan teks bahasa Arab melalui media buku paket bahasa Arab. Alas an penulis memilih media weblog pada internet sebagai upaya meningkatkan keterampilan membaca bahasa Arab,karena media weblog pada internet memiliki kelebihan dibandingkan denagan media lain diantaranya siswa dapat memperoleh informasi secara luas dan pembelajaran dapat dilakukan secara asinkronus. Berdasarkan paparan di atas, peneliti ini mengkaji tiga masalah yaitu : 1). Bagaimana penerapan keterampilan membaca bahasa Arab melalui media weblog pada internet untuk meningkatkan keterampilan membaca bahasa Arab pada siswa kelas VIII MTs. Negeri Petarukan- Pemalang ?. 2). Bagaimana peningkatan keterampilan membaca bahasa Arab melalui media weblog pada internet siswa kelas VIII MTs. Negeri Petarukan- Pemalang?.3). Apa keunggulan dan kelemahan dalam menggunakan media weblog pada internet untuk meningkatkan keterampilan membaca bahasa Arab pada siswa kelas VIII MTs. Negeri Petarukan- Pemalang ?. Penelitian ini bertujuan untuk 1) dengan menggunakan media weblog pada internet diharapkan dapat diterapkan sebagai media pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan ketrampilan membaca bahasa Arab pada siswa kelas VIII MTs. Negeri Petarukan- Pemalang.2) dengan menggunakan media weblog pada internet diharapkan dapat meningkatkan ketrampilan membaca bahasa Arab siswa kelas VIII MTs. Negeri Petarukan- Pemalang.3) dengan menggunakan media weblog pada internet diharapkan dapat mengetahui keunggulan dan kelemahannya dalam meningkatkan ketrampilan membaca bahasa Arab pada siswa kelas VIII MTs. Negeri Petarukan- Pemalang. Setelah diberikan pembelajaran melalui media weblog pada internet, penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi MTs. N Petarukan- Pemalang, guru, siswa, dan Penulis sendiri. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah keterampilan membaca bahasa Arab pada siswa kelas VIII MTs. Negeri Petarukan- Pemalang tahun ajaran 2009/ 2010. Peneltian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel input- output dan variabel proses, variabel input- output adalah keterampilan membaca bahasa Arab sedangkan variabel proses adalah pembelajaran dengan menggunakan media weblog pada internet. Pengumpulan data dengan menggunakan tiga teknik yaitu pengamatan atau observasi, jurnal dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data ini, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif prosentase dan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil peningkatan ini menunjukan adanya peningkatan keterampilan membaca bahasa Arab. Peningkatan meliputi beberapa aspek membaca yaitu intonasi, pelafalan, jeda, dan kelancaran membaca. Peningkatan ini dapat dilihat dari setiap aspek membaca bahasa Arab. Aspek intonasi pada prasiklus skor rata-rata 15.75, sedangkan pada siklus I menjadi 17.63 dan siklus II meningkat menjadi 2157, aspek pelafalan pada prasiklus skor rata-rata 13.63, sedangkan pada siklus I skor rata-rata kelas menjadi 16.51 dan pada siklus II meningkat menjadi 2052, aspek jeda juga mengalami peningkatan pada prasiklus skor rata-rata 14.73, sedangkan pada siklus I menjadi 17.06 dan pada siklus II meningkat menjadi 20.88, pada aspek kelancaran membaca juga mengalami peningkatan dari skor rata-rata prasiklus sebesar 16.88, pada siklus II meningkat menjadi 19.69 dan siklus II meningkat menjadi 2250. Peningkatan keterampilan membaca bahasa Arab siswa melalui media weblog pada internet kelas VIII MTs. Negeri Petarukan- Pemalang juga diikuti perubahan perilaku siswa. Setelah dilaksanakan pembelajaran membaca bahasa Arab melalui media weblog pada internet terlihat adanya perubahan perilaku siswa ke arah positif. Dari hasil tersebut, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media weblog pada internet dalam pembelajaran membaca bahasa Arab siswa kelas VIII MTs. Negeri Petarukan- Pemalang ini terbukti dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam membaca bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan membaca bahasa Arab, media weblog pada internet
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Users 3260 not found.
Date Deposited: 29 Nov 2011 00:33
Last Modified: 29 Nov 2011 00:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9783

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item