(ABSTRAK) Perolehan Kalimat Bahasa Jawa Anak Usia 2-4 Tahun di PAUD Cita Mulia Kunduran Blora


Siti Rondiyah, 2102406034 (2010) (ABSTRAK) Perolehan Kalimat Bahasa Jawa Anak Usia 2-4 Tahun di PAUD Cita Mulia Kunduran Blora. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) Perolehan Kalimat Bahasa Jawa Anak Usia 2-4 Tahun di PAUD Cita Mulia Kunduran Blora]
Preview
PDF ((ABSTRAK) Perolehan Kalimat Bahasa Jawa Anak Usia 2-4 Tahun di PAUD Cita Mulia Kunduran Blora) - Published Version
Download (398kB) | Preview

Abstract

Perolehan bahasa pada anak merupakan gambaran mengenai kemampuan berbahasa anak. Kemampuan berbahasa anak dipengaruhi beberapa faktor, salah satu di antaranya adalah faktor lingkungan pendidikan dimana mereka berada. Lingkungan pendidikan pertama yang diperoleh anak setelah adalah lingkungan Pendidikan Anak Usia Dini. Penelitian ini difokuskan pada perolehan kalimat bahasa Jawa di lingkungan Pendidikan Anak Usia Dini Cita Mulia Kunduran Blora karena PAUD merupakan wadah dan sarana untuk mengembangkan kreativitas berbahasa anak. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu bagaimana perolehan kalimat bahasa Jawa berdasarkan fungsinya dalam hubungan situasi pada anak usia 2-4 tahun di PAUD Cita Mulia Kunduran, Blora? Bagaimana perolehan kalimat bahasa Jawa berdasarkan struktur fungsinya pada anak usia 2-4 tahun di PAUD Cita Mulia Kunduran, Blora? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perolehan kalimat bahasa Jawa berdasarkan fungsinya dalam hubungan situasi dan kalimat bahasa Jawa berdasarkan struktur fungsinya pada anak usia 2-4 tahun di PAUD Cita Mulia Kunduran, Blora. Pendekatan teoretis yang digunakan adalah pendekatan psikolinguistik, sedangkan pendekatan metodologis yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan teknik rekam, teknik simak, teknik pancing dan teknik catat kemudian dilanjutkan dengan pencatatan pada kartu data. Data yang diperoleh dianalis menggunakan metode deskriptif dan metode kajian isi kemudian dipaparkan dengan metode informal yaitu pemaparan berupa kata-kata yang runtut, berkesinambungan, dan mudah dipahami. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perolehan kalimat bahasa Jawa berdasarkan fungsinya dalam hubungan situasi siswa di PAUD Cita Mulia Kunduran Blora meliputi kalimat berita, kalimat tanya dengan kata tanya apa, kalimat tanya dengan kata tanya ko endi, kalimat tanya dengan kata tanya ning endi, kalimat tanya dengan kata tanya meh ning endi, kalimat tanya dengan kata tanya kenapa, kalimat tanya dengan kata tanya piye, dan kalimat suruh yang sebenarnya, kalimat persilahan, kalimat ajakan serta kalimat larangan. Perolehan kalimat bahasa Jawa berdasarkan struktur fungsinya siswa di Pendidikan Anak Usia Dini Cita Mulia Kunduran Blora meliputi kalimat tunggal dengan struktur kalimat S-P, S-P-Pel, S-P-Pel-K, dan kalimat majemuk dengan struktur kalimat K-S-P-K, S-P-S-P-K, P-K-S-K, serta P-S-S-P-Pel.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: perolehan, kalimat, dan PAUD
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Rizki Setiadi
Date Deposited: 28 Nov 2011 08:14
Last Modified: 28 Nov 2011 08:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9781

Actions (login required)

View Item View Item