Cara Kerja dan Troubleshooting Sistem Bahan Bakar Isuzu Panther 4JA1-L


Teguh Riyadi , 5250307040 (2011) Cara Kerja dan Troubleshooting Sistem Bahan Bakar Isuzu Panther 4JA1-L. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Cara Kerja dan Troubleshooting Sistem Bahan Bakar Isuzu Panther 4JA1-L.]
Preview
PDF (Cara Kerja dan Troubleshooting Sistem Bahan Bakar Isuzu Panther 4JA1-L.) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Fungsi dari sistem bahan bakar mesin Isuzu Panther 4JA1-L adalah untuk melayani kebutuhan bahan bakar selama mesin bekerja. Pompa injeksi menginjeksikan bahan bakar ke dalam ruang bakar dengan tekanan tinggi menggunakan nosel injeksi agar menghasikan partikel yang lebih kecil sehingga mudah terbakar dengan sendirinya. Komponen sistem bahan bakar yang digunakan pada mesin Isuzu Panther 4JA1-L terdiri dari tangki bahan bakar, pompa priming, saringan bahan bakar, water sedimenter, feed pump, pompa injeksi, dan nosel injeksi. Cara kerja sistem bahan bakar Isuzu Panther 4JA1-L adalah bahan bakar dari tangki bahan bakar dipompa ke pompa injeksi oleh feed pump melalui water sedimenter maupun saringan bahan bakar. Bahan bakar dipompa ke ruang bakar dengan tekanan tinggi oleh plunyer, kemudian nosel injeksi mengabutkan bahan bakar beberapa derajat sebelum titik mati atas (TMA). Udara yang dimampatkan di dalam ruang bakar temperaturnya menjadi tinggi, sehingga bahan bakar yang disemprotkan mampu terbakar dengan sendirinya. Gangguan yang sering terjadi pada mesin banyak disebabkan gangguan pada komponen pompa injeksi dan nosel injeksinya serta saluran yang menghubungkan saluran sistem bahan bakar. Gangguan sistem bahan bakar yang terjadi, antara lain: motor susah dihidupkan, motor dapat hidup kemudian mati kembali, daya motor rendah, asap terlalu banyak, mesin terdengar bunyi ketukan (knocking), putaran mesin sukar diatur. Untuk mencegah gangguan yang akan terjadi sebaiknya dilakukan perawatan yang baik, selalu menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi mesin, selalu mengganti saringan bahan bakar sesuai dengan jam kerjanya, menghindari penggunaan kembali komponen yang sudah rusak parah yang berakibat merusak komponen yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Otomotof, Troubleshooting Sistem Bahan Bakar
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin, D3
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 28 Nov 2011 07:47
Last Modified: 25 Apr 2015 07:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9764

Actions (login required)

View Item View Item