Uji Kinerja Dinamis Sistem Suspensi serta Analisis Stabilitas Micro Car


Mulyono , 5201403034 (2007) Uji Kinerja Dinamis Sistem Suspensi serta Analisis Stabilitas Micro Car. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Uji Kinerja Dinamis Sistem Suspensi serta Analisis Stabilitas Micro Car]
Preview
PDF (Uji Kinerja Dinamis Sistem Suspensi serta Analisis Stabilitas Micro Car) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Mobil merupakan salah satu sarana transportasi yang banyak digunakan pada masa sekarang ini. Kenyamanan dan kestabilan dari sebuah mobil salah satunya ditentukan oleh desain konstruksi sistem suspensi yang digunakan pada kendaraan tersebut. Micro Car merupakan salah satu mobil mini yang dituntut untuk memberikan kenyamanan dan kestabilan pada waktu dikendarai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kenyamanan dan kestabilan dari Micro Car pada waktu dikendarai di berbagai medan lintasan yang berbeda. Kenyamanan dan kestabilan tersebut dideskripsikan berdasarkan kinerja sistem suspensi yang diketahui melalui besarnya frekuensi natural yang ditimbulkan pada saat Micro Car melewati medan lintasan yang berbeda. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimental dengan pendekatan one-shot model. Variabel bebas pada penelitian ini adalah perbedaan medan lintasan yang dilewati dan keadaan keterkendalian Micro Car.Variabel terikat pada penelitian ini adalah besarnya frekuensi natural yang ditimbulkan pada saat Micro Car melewati medan lintasan yang berbeda. Variabel kontrol pada penelitian ini adalah besarnya frekuensi natural yang paling ideal sampai dengan batasan maksimal yang diijinkan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa ada perbedaan hasil perhitungan frekuensi natural pada masing sistem suspensi Micro Car. Perbedaan yang sangat besar terlihat pada sistem suspensi depan dan belakang. Pada Sistem suspensi depan semua hasil perhitungan masih dalam batas yang ideal yaitu tidak melebihi 300 cpm, dimana angka yang paling tinggi 215,4 cpm dan angka yang paling rendah 136 cpm. Sedangkan pada sistem suspensi belakang, hasil perhitungannya banyak yang melebihi batas maksimal, dimana angka yang paling tinggi 425,4 cpm dan angka yang paling rendah 218,4 cpm. Batas maksimal besarnya frekuensi natural yang diijinkan untuk menciptakan rasa nyaman bagi pengemudi dan penumpangnya adalah 300 cpm, sedangkan besarnya frekuensi natural yang paling ideal dan sekaligus batas minimalnya yaitu 60 cpm. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa kinerja sistem suspensi depan Micro Car efektif dan kinerja sistem suspensi belakang Micro Car tidak efektif. Penelitian ini menyarankan sebaiknya dalam memilih komponen yang digunakan dalam sistem suspensi harus disesuaikan dengan bentuk konstruksi dari sistem suspensi yang digunakan dan beban yang akan ditopangnya. Sistem suspensi yang paling bersesuaian tersebut nantinya dapat menghasilkan kinerja yang optimal, sehingga didapatkan sistem suspensi yang benar-benar sempurna untuk Micro Car.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 05 Apr 2011 08:21
Last Modified: 25 Apr 2015 04:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/976

Actions (login required)

View Item View Item