(ABSTRAK) MODEL PEMBELAJARAN PASSING BAWAH PADA PERMAINAN BOLA VOLI DENGAN PENDEKATAN LINGKUNGAN PERKEBUNAN SENGON PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI KARANGMANGGIS KECAMATAN BOJA KABUPATEN KENDAL


Sulistiyaningsih , 6102909134 (2011) (ABSTRAK) MODEL PEMBELAJARAN PASSING BAWAH PADA PERMAINAN BOLA VOLI DENGAN PENDEKATAN LINGKUNGAN PERKEBUNAN SENGON PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI KARANGMANGGIS KECAMATAN BOJA KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) MODEL PEMBELAJARAN PASSING BAWAH PADA PERMAINAN BOLA VOLI DENGAN PENDEKATAN LINGKUNGAN PERKEBUNAN SENGON PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI KARANGMANGGIS KECAMATAN BOJA KABUPATEN KENDAL]
Preview
PDF ((ABSTRAK) MODEL PEMBELAJARAN PASSING BAWAH PADA PERMAINAN BOLA VOLI DENGAN PENDEKATAN LINGKUNGAN PERKEBUNAN SENGON PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI KARANGMANGGIS KECAMATAN BOJA KABUPATEN KENDAL) - Published Version
Download (131kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang diangkat pada penelitian ini adalah bagaimana pengembangan model pembelajaran passing bawah pada permainan bola voli yang sesuai dengan karakteristik siswa kelas V SD N Karangmanggis. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model pembelajaran passing bawah pada permainan bola voli yang sesuai dengan karakteristik siswa kelas V SD N Karangmanggis yaitu berupa model pembelajaran dengan pendekatan lingkungan perkebunan sengon bagi siswa kelas V SD N Karangmanggis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Borg & Gall yang telah dimodifikasi, yaitu: (1) melakukan penelitian pendahuluan, pengumpulan informasi dan analisis kebutuhan, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa model pembelajaran passing bawah pada permainan bola voli dengan pendekatan lingkungan perkebunan sengon), (3) evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli penjasorkes dan dua ahli pembelajaran, serta uji coba kelompok kecil dengan menggunakan kuesioner yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba kelompok kecil (melibatkan 10 siswa) sebagai bahan perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti, (5) uji lapangan (melibatkan 26 siswa), (6) revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji lapangan, (7) hasil akhir model Pembelajaran Passing Bawah pada Permainan Bola Voli Dengan Pendekatan Lingkungan Perkebunan Sengon Pada Peserta Didik Kelas V SD N Karangmanggis yang dihasilkan melalui revisi uji lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner oleh ahli, uji coba kelompok kecil (10 siswa kelas V SD N Karangmanggis), dan uji lapangan (26 siswa kelas V SD N Karangmanggis). Data yang diperoleh berupa hasil penilaian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase untuk mengungkap aspek psikomotorik, kognitif dan afektif siswa setelah menggunakan produk. Dari hasil uji coba diperoleh data evaluasi ahli lebih dari 4 (kategori baik), persentase hasil uji coba kelompok kecil 87% (baik), dan persentase hasil uji lapangan 88% (baik). Berdasarkan data tersebut maka pengembangan model pembelajaran passing bawah pada permainan bola voli dengan pendekatan lingkungan perkebunan sengon ini dapat digunakan untuk siswa kelas V SD N Karangmanggis Kecamatan Boja Kabupaten Kendal. Guru Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar disarankan untuk menerapkan produk model pembelajaran passing bawah pada permainan bola voli dengan pendekatan lingkungan perkebunan sengon pada siswa kelas V dalam pembelajaran Penjasorkes.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, passing bawah, bola voli
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 27 Nov 2011 11:06
Last Modified: 27 Nov 2011 11:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9705

Actions (login required)

View Item View Item