KOMPARASI HASIL BELAJAR KIMIA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NHT DENGAN STAD DI SMA NEGERI I KEDUNGWUNI


Lilis Husniyatin Khoiriyah, 4301406020 (2010) KOMPARASI HASIL BELAJAR KIMIA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NHT DENGAN STAD DI SMA NEGERI I KEDUNGWUNI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KOMPARASI HASIL BELAJAR KIMIA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NHT DENGAN STAD  DI SMA NEGERI I KEDUNGWUNI]
Preview
PDF (KOMPARASI HASIL BELAJAR KIMIA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NHT DENGAN STAD DI SMA NEGERI I KEDUNGWUNI) - Published Version
Download (229kB) | Preview

Abstract

KOMPARASI HASIL BELAJAR KIMIA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NHT DENGAN STAD DI SMA NEGERI I KEDUNGWUNI Lilis Husniyatin Khoiriyah*, A.Tri Widodo, Wisnu Sunarto Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Semarang Gedung D6 Kampus Sekaran Gunungpati Telp. 8508112 Semarang 50229 ABSTRAK Banyak siswa yang kurang tertarik mengikuti pelajaran kimia. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan penerapan model pembelajaran kooperatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar kimia antara siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan tipe STAD pokok bahasan Reaksi Redoks kelas X SMA Negeri 1 Kedungwuni dan apabila ada perbedaan, hasil belajar kimia mana yang lebih baik antara siswa yang diberi metode NHT dengan metode STAD. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X-2, X-3, X-4, X-5, X-6 dan X-7. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Sampel penelitian ini yaitu kelas X-5 (kelas eksperimen 1/NHT) dan kelas X-7 (kelas eksperimen 2/STAD). Teknik pengumpulan data penelitian dengan metode dokumentasi, tes, angket dan observasi. Penelitian dilakukan dengan memberikan pembelajaran, diakhiri post test. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kimia antara siswa yang diberi metode NHT dengan metode STAD dan metode NHT dapat memberikan hasil belajar kimia yang lebih tinggi daripada metode STAD. Kata kunci : Hasil belajar, Metode NHT, Metode STAD

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Metode NHT, Metode STAD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 3264 not found.
Date Deposited: 23 Nov 2011 08:01
Last Modified: 23 Nov 2011 08:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9189

Actions (login required)

View Item View Item