Peningkatan Keterampilan Membaca Indah Cerkak Menggunakan Pendekatan SAVI Pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 1 Purbalingga Tahun Ajaran 2009/2010
Aris Wahyudin, 2102406559 (2011) Peningkatan Keterampilan Membaca Indah Cerkak Menggunakan Pendekatan SAVI Pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 1 Purbalingga Tahun Ajaran 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Peningkatan Keterampilan Membaca Indah Cerkak Menggunakan Pendekatan SAVI Pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 1 Purbalingga Tahun Ajaran 2009/2010)
- Published Version
Download (102kB) | Preview |
Abstract
Wahyudin, Aris. 2010. Peningkatan Keterampilan Membaca Indah Cerkak Menggunakan Pendekatan SAVI Pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 1 Purbalingga Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Dra. Sri Prastiti, Pembimbing II: Dr. Teguh Supriyanto, M.Hum. Kata Kunci : Pendekatan SAVI, Peningkatan membaca indah. Kegiatan membaca indah dituntut dalam pembelajaran kebahasaan di dalam kelas, khususnya di dalam taraf tingkatan sekolah lanjutan tingkat pertama atau SMP. Membaca indah sangat membantu siswa dalam hal berbahasa, menambah ilmu pengetahuan, menambah penguasaan dalam hal intonasi, serta pelafalannya. Rendahnya keterampilan membaca indah kemungkinan dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal ini mungkin disebabkan kurang terampilnya siswa dalam belajar membaca, kurang menyukai membaca, belum ada minat atau keinginan untuk membaca. Pada dasarnya kegiatan pembelajaran di dalam kelas, siswa belum siap dalam menerima materi yang diajarkan dan siswa tidak bisa berkonsentrasi dalam waktu yang sesingkat itu. Berdasarkan fenomena di atas, dalam skripsi ini peneliti mengangkat permasalahan peningkatan ketrampilan membaca indah cerkak menggunakan pendekatan SAVI pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Purbalingga, Kabupaten Purbalingga Pendekatan SAVI adalah pembelajaran yang menggabungkan gerakan fisik dengan aktivitas intelektual dan penggunaan semua indra yang dapat berpengaruh besar pada pembelajaran. Unsur-unsur SAVI yaitu, Somatis yang berarti belajar dengan bergerak dan berbuat, Auditori yang berarti belajar dengan berbicara dan mendengar, Visual yang berarti belajar dengan melihat dan mengamati, serta Intelektual yang berarti belajar dengan memecahkan masalah dan berfikir. Pendekatan SAVI merupakan pendekatan yang cukup efektif dalam pembelajaran ketrampilan membaca indah cerkak, dengan hal ini peneliti bereksperimen untuk mengetahui peningkatan pembelajaran yang lebih efektif. Jenis penelitian yang dilakukan adalah tindakan kelas. Populasi yang dipilih adalah seluruh siswa kelas VIII di Negeri 1 Purbalingga, Kabupaten Purbalingga. Dari pengacakan sampel diperoleh 1 kelas, yaitu kelas VIII B sebagai sampel penelitian Dari hasil penelitian ini diperoleh nilai rata-rata nilai keterampilan membaca indah cerkak dengan menggunakan pendekatan SAVI siklus I sebesar 70,73 dan rata-rata nilai ketrampilan membaca indah cerkak dengan menggunakan pendekatan SAVI siklus II sebesar 83,33. Jadi peningkatan pembelajaran dari siklus I ke siklus II sebesar 12,6 atau sebesar 18 %. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar membaca indah cerkak menggunaan pendekatan SAVI lebih baik dan lebih efektif.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan SAVI, Peningkatan membaca indah |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1) |
Depositing User: | Users 3313 not found. |
Date Deposited: | 20 Nov 2011 11:50 |
Last Modified: | 20 Nov 2011 11:50 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8624 |
Actions (login required)
View Item |