EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SISTEM GERAK PADA MANUSIA MELALUI PENDEKATAN CTL BERBASIS MIND MAPPING DI SMP NEGERI 2 UNGARAN


Noer Farida, 4401405033 (2011) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SISTEM GERAK PADA MANUSIA MELALUI PENDEKATAN CTL BERBASIS MIND MAPPING DI SMP NEGERI 2 UNGARAN. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

Warning
There is a more recent version of this item available.
[thumbnail of EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SISTEM GERAK PADA MANUSIA MELALUI PENDEKATAN CTL  BERBASIS MIND MAPPING             DI SMP NEGERI 2 UNGARAN]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SISTEM GERAK PADA MANUSIA MELALUI PENDEKATAN CTL BERBASIS MIND MAPPING DI SMP NEGERI 2 UNGARAN) - Published Version
Download (120kB) | Preview

Abstract

Farida, Noer. 2010. Efektivitas Pembelajaran Sistem Gerak Pada Manusia Melalui Pendekatan CTL Berbasis Mind Mapping di SMP Negeri 2 Ungaran. Skripsi, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Semarang. Drs. Supriyanto, M.Si. dan Dra. Chasnah. Peningkatan mutu pendidikan di tingkat sekolah dipengaruhi oleh proses belajar yang dialami siswa. Interaksi dalam proses belajar mengajar, penguasaan materi pelajaran dan nilai hasil belajar yang belum optimal dapat disebabkan oleh faktor siswa itu sendiri serta proses pembelajaran yang kurang melibatkan keaktifan siswa. Hal ini menuntut adanya usaha perbaikan tentang strategi pembelajaran yang diterapkan. Salah satunya adalah dengan mengembangkan pembelajaran melalui pendekatan CTL berbasis mind mapping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran sistem gerak pada manusia melalui pendekatan CTL berbasis mind mapping di SMP Negeri 2 Ungaran Jenis penelitian ini adalah penelitian pre experimental dengan desain one shot case study. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ungaran tahun ajaran 2009/2010. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII.2, VIII.3 dan VIII.4 dengan teknik purposive sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penerapan pendekatan CTL berbasis mind mapping dalam pembelajaran sistem gerak pada manusia.Variabel terikat dalam penelitian ini adalah aktivitas siswa dan aktivitas psikomotorik praktikum siswa, hasil belajar siswa dalam pembelajaran sistem gerak pada manusia. Data yang diambil berupa aktivitas siswa, aktivitas psikomotorik praktikum siswa, kinerja guru, tanggapan siswa, dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa secara klasikal termasuk kriteria sangat tinggi dengan perolehan untuk ketiga kelas berturut-turut yaitu 91.92%, 84.85% dan 90.50%. aktivitas psikomotorik praktikum siswa secara klasikal untuk ketiga kelas berturut-turut yaitu 100%, 90.91% dan 93.75% dan termasuk kriteria sangat tinggi. Kinerja guru termasuk kriteria sangat tinggi yaitu sebesar 80.83% untuk kelas VIII.2 dan VIII.3, serta 80% untuk kelas VIII.3. Tanggapan siswa termasuk kriteria sangat tinggi yaitu kelas VIII.2 89,77%, kelas VIII.3 yaitu 85,16% dan kelas VIII.4 sebanyak 85,55%. Hasil belajar untuk kelas VIII.2 yaitu 100%, kelas VIII.3 sebesar 96,97% dan 87,50% untuk kelas VIII.4. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran sistem gerak pada manusia melalui pendekatan CTL berbasis mind mapping efektif diterapkan di SMP Negeri 2 Ungaran. Penerapan pendekatan CTL berbasis mind mapping dapat dipertimbangkan guru sebagai alternatif metode pembelajaran, karena metode pembelajaran ini terbukti efektif meningkatkan hasil belajar, aktivitas dan psikomotorik siswa dalam materi sistem gerak pada manusia di SMP Negeri 2 Ungaran. Kata Kunci : efektivitas pembelajaran, sistem gerak pada manusia, pendekatan CTL, mind mapping

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: efektivitas pembelajaran, sistem gerak pada manusia, pendekatan CTL, mind mapping
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 3258 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2011 12:10
Last Modified: 23 Nov 2011 07:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8376

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item