KEMAMPUAN BERBICARA MAHASISWA SEMESTER II PRODI PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS DALAM S’ORIENTER ET SITUER UN LIEU


Vyna Izul Haq, 2301407006 (2011) KEMAMPUAN BERBICARA MAHASISWA SEMESTER II PRODI PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS DALAM S’ORIENTER ET SITUER UN LIEU. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

Warning
There is a more recent version of this item available.
[thumbnail of KEMAMPUAN BERBICARA MAHASISWA SEMESTER II PRODI PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS DALAM S’ORIENTER ET SITUER UN LIEU] PDF (KEMAMPUAN BERBICARA MAHASISWA SEMESTER II PRODI PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS DALAM S’ORIENTER ET SITUER UN LIEU) - Published Version
Download (86kB)

Abstract

Haq, Vyna Izul. 2011.Kemampuan Berbicara Mahasiswa Semester II Prodi Pendidikan Prancis dalam S’orienter et Situer un Lieu. Skripsi Jurusan Bahasa dan sastra Asing, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I : Dra. Dwi astuti, M.Pd. Pembimbing II : Tri Eko Agustiningrum, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: berbicara, s’orienter un lieu, situer un lieu Berbicara adalah aktivitas berbahasa kedua yang dilakukan manusia dalam kehidupan berbahasa, yaitu setelah aktivitas mendengarkan. Tujuan utama berbicara adalah untuk berkomunikasi. Dalam kehidupan sehari-hari, berkomunikasi tentang s’orienter et situer un lieu sering digunakan. Guna mengetahui tingkat keberhasilan berbicara tentang s’orienter et situer un lieu mahasiswa semester II prodi Pendidikan Bahasa Prancis, maka dilakukan tes berbicara tentang s’orienter et situer un lieu Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berbicara mahasiswa dan kesalahan yang dilakukan mahasiswa dalam s’orienter et situer un lieu. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasisa semester II Prodi Pendidikan Bahasa Prancis tahun ajaran 2010/2011 sejumlah 34 orang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan metode tes. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data mengenai nama dan jumlah mahasiswa, sedangkan metode tes digunakan untuk mendapat data mengenai kemampuan berbicara mahasiswa semester II dalam s’orienter et situer un lieu.validitas yang digunakan adalah validitas isi, untuk mengetahui reliabilitas instrumen digunakan teknik pengulangan tes (tes-retest), hasilnya dikorelasikan dengan menggunakan rumus korelasi Product moment. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif presentase dan analisis kritis. Kemampuan berbicara mahasiswa semester II Prodi Pendidikan Bahasa Prancis dalam s’orienter et situer un lieu termasuk dalam kategori “Baik”. Nilai rata-ratanya mencapai 72,4. Nilai tertinggi yang diperoleh mahasiswa adalah 97 yang termasuk dalam kategori “Baik Sekali”, sedangkan nilai terendah yang diperoleh mahasiswa adalah 41 yang termasuk dalam kategori “Gagal”. Bila dirinci, hasil kemampuan berbicara mahasiswa semester II prodi Pendidikan Bahasa Prancis dalam s’orienter et situer un lieu yaitu : dalam memahami perintah adalah “Baik Sekali”, kebenaran struktur adalah “Cukup”, ketepatan pemilihan kata adalah “ Lebih dari Cukup ”, dan ketepatan pelafalan adalah “Baik”. Sebagian besar mahasiswa mampu memahami perintah, namun walaupun rata-rata kemampuan berbicara mahasiswa semester II prodi pendidikan bahasa Prancis dalam s’orienter et situer un lieu baik, sebagian mahasiswa masih melakukan kesalahan pada susunan kalimat, pemilihan kata, dan pelafalan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: berbicara, s’orienter un lieu, situer un lieu
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: Users 3258 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2011 12:11
Last Modified: 23 Nov 2011 07:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8367

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item