HUBUNGAN ANTARA POSTUR TUBUH DAN KETERBELAJARAN GERAK PADA SISWA KELAS V DAN VI SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN REMBANG TAHUN AJARAN 2009/2010


Juma’in Dwi Puspitasari, 6250406010 (2011) HUBUNGAN ANTARA POSTUR TUBUH DAN KETERBELAJARAN GERAK PADA SISWA KELAS V DAN VI SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN REMBANG TAHUN AJARAN 2009/2010. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

Warning
There is a more recent version of this item available.
[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA POSTUR TUBUH DAN KETERBELAJARAN GERAK PADA SISWA KELAS V DAN VI SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN REMBANG TAHUN AJARAN 2009/2010] PDF (HUBUNGAN ANTARA POSTUR TUBUH DAN KETERBELAJARAN GERAK PADA SISWA KELAS V DAN VI SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN REMBANG TAHUN AJARAN 2009/2010) - Published Version
Download (105kB)

Abstract

Jumain Dwi Puspitasari, 2010. “Hubungan Antara Postur Tubuh Dan Keterbelajaran Gerak Pada Siswa Sekolah Dasar Kelas V Dan VI di Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang Tahun Ajaran 2009/2010”. Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang, Pembimbing Drs. Soegiyanto KS, MS dan Drs. Said Junaidi, M. Kes. Kata kunci : Hubungan, Postur Tubuh, Keterbelajaran Gerak Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara postur tubuh dan keterbelajaran gerak pada siswa Sekolah Dasar kelas V dan VI di Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang Tahun Ajaran 2009/2010?. Dengan tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara postur tubuh dan keterbelajaran gerak pada siswa Sekolah Dasar kelas V dan VI di Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V dan VI Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang tahun ajaran 2009/2010 dengan jumlah siswa 2165 siswa. Sampel yang digunakan adalah siswa Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang Tahun Ajaran 2009/2010 kelas V dan VI antara usia 10 tahun sampai dengan 12 tahun diambil menggunakan teknik random sampling sebanyak 140 siswa yang terdiri dari 79 siswa putra dan 61 siswa putri. Dalam penelitian ini penulis memperoleh data dari dua variabel yaitu postur tubuh dan keterbelajaran gerak. Untuk memperoleh data yang sesuai dalam penelitian ini, maka metode yang digunakan adalah survey dengan teknik tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat postur tubuh sebagian besar siswa adalah bagus dan keterbelajaran geraknya sebagian besar baik. Hasil analisis korelasi diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,467 > rtabel 0,165, hal tersebut menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara postur tubuh dan keterbelajaran gerak pada siswa kelas V dan VI Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Rembang Tahun Ajaran 2009/2010. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian dan pembahasan yaitu keterbelajaran gerak seorang siswa salah satunya dipengaruhi oleh postur tubuh. Pada siswa yang memiliki postur tubuh baik cenderung akan memiliki keterbelajaran gerak yang baik pula, oleh karena itu penulis mengajukan saran bagi guru olahraga kellas V dan VI Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Rembang untuk merencanakan kegiatan pembelajaran pendidikan jasmani diarahkan guna mendukung perkembangan postur tubuh siswa sesuai dengan masa perkembangannya., dan bagi para orang tua hendaknya membimbing anak dengan stimulasi gerak-gerak dasar yang belum dikuasainya agar anak lebih akatif dan kreativitas dalam melakukan berbagai gerak dasar guna mendukung perkembangan postur tubuh anak sesuai dengan masa perkembangannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hubungan, Postur Tubuh, Keterbelajaran Gerak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: Users 3258 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2011 12:11
Last Modified: 23 Nov 2011 07:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8365

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item