PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, CARA BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS EKONOMI KELAS VII SMP NEGERI 2 PEGANDON KABUPATEN KENDAL TAHUN AJARAN 2009/2010


Saiful Anam, 7101406521 (2011) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, CARA BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS EKONOMI KELAS VII SMP NEGERI 2 PEGANDON KABUPATEN KENDAL TAHUN AJARAN 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang(UNNES).

Warning
There is a more recent version of this item available.
[thumbnail of PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, CARA BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS EKONOMI KELAS VII SMP NEGERI 2 PEGANDON KABUPATEN KENDAL TAHUN AJARAN 2009/2010]
Preview
PDF (PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, CARA BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS EKONOMI KELAS VII SMP NEGERI 2 PEGANDON KABUPATEN KENDAL TAHUN AJARAN 2009/2010) - Published Version
Download (29kB) | Preview

Abstract

SARI Anam, Saiful. 2010. Pengaruh Motivasi Belajar, Cara Belajar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar IPS Ekonomi Kelas VII SMP N 2 Pegandon Kabupaten Kendal Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi . Jurusan Ekonomi Pembangunan. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I. Prof. Dra. Niswatin Rakub. II. Drs. FX. Sukardi. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Cara Belajar, Lingkungan Keluarga, Prestasi Belajar Ekonomi Prestasi Belajar merupakan hasil yang diperoleh atau dicapai siswa setelah mengikuti proses belajar di sekolah melalui tes atau evaluasi yang diwujudkan dalam bentuk angka atau huruf. Prestasi belajar siswa ini dipengaruhi beberapa faktor baik intern maupun ekstern. Fakto-faktor tersebut diantaranya adalah motivasi, cara belajar, dan lingkungan keluarga. Permasalahan dalam penelitian ini: (1) Bagaimana motivasi belajar, cara belajar dan lingkungan keluarga di kelas VII SMP Negeri 2 pegandon? (2) Adakah pengaruh motivasi belajar, cara belajar dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar IPS Ekonomi kelas VII SMP Negeri 2 Pegandon baik secara parsial maupun simultan? (3) Seberapa besar pengaruh motivasi belajar, cara belajar dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar IPS Ekonomi kelas VII SMP Negeri 2 Pegandon baik secara parsial maupun simultan? Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 2 Pegandon yang berjumlah 216. Pengambilan sampel berjumlah 70 siswa ditentukan dengan teknik random sampling. Analisis data meliputi Analisis deskriptif persentase, uji normalitas, multikolinieritas, heteroskesdastisitas, uji regresi linier berganda, dan uji hipotesis menggunakan uji F, uji t, Koefisien determinasi (R 2 ), Koefisien determinasi parsial (r 2 ). Berdasarkan hasil penelitian, masing-masing variabel moivasi belajar termasuk dalam kriteria tinggi, cara belajar tinggi,dan lingkungan keluarga juga tinggi. Berdasarkan hasil regresi berganda diperoleh model regresi Y = 2,883 + 0,621X1 + 0,576X2 +0,327X3 . Uji Hipotesis regresi dengan menggunakan uji F, diperoleh Fhitung = 38,539 dengan taraf signifikansi 0,000 berarti terdapat pengaruh yang positif dan signifikan motivasi belajar, cara belajar dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar IPS Ekonomi. Besarnya pengaruh motivasi belajar, cara belajar dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar IPS Ekonomi siswa kelas VII SMP N 2 Pegandon Kabupaten Kendal mencapai 63,7% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan motivasi belajar, cara belajar dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar IPS Ekonomi secara simultan dan parsial. Oleh karena itu peneliti menyarankan guru hendaknya memberikan penugasan lebih agar siswa lebih bertanggungjawab dalam belajar untuk menunjang prestasinya dan siswa diharapkan untuk labih meningkatkan cara belajar dengan membuat jadwal, membaca, mencatat dan latihan-latihan soal. Serta keluarga hendaknya meningkatkan cara mendidik anak dengan memperhatikan keteraturn belajar, membina relasi antar keluarga dan menyediakan fasilitas belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Cara Belajar, Lingkungan Keluarga, Prestasi Belajar Ekonomi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 3259 not found.
Date Deposited: 18 Nov 2011 00:20
Last Modified: 29 Nov 2011 05:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8299

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item