PENGARUH PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DASAR DAN CARA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN MENENGAH PADA SISWA SMK NEGERI 2 SEMARANG
Ro’is Indriawan, 7101407026 (2011) PENGARUH PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DASAR DAN CARA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN MENENGAH PADA SISWA SMK NEGERI 2 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PENGARUH PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DASAR DAN CARA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN MENENGAH PADA SISWA SMK NEGERI 2 SEMARANG)
- Published Version
Download (87kB) | Preview |
Abstract
Ro’is Indriawan. 2011. Pengaruh Prestasi Belajar Akuntansi Dasar dan Cara Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Menengah pada Siswa SMK Negeri 2 Semarang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I. Drs. Subowo, M.Si. II. Bestari Dwi Handayani, S.E., M.Si. Kata Kunci: Prestasi Belajar, Akuntansi Keuangan Menengah, Akuntansi Dasar, Cara Belajar. Prestasi belajar akuntansi keuangan menengah dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya adalah prestasi belajar akuntansi dasar dan cara belajar. Namun, kebenaran argumen ini perlu dibuktikan melalui kegiatan penelitian agar diperoleh jawaban yang akurat. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh antara prestasi belajar akuntansi dasar dan cara belajar terhadap prestasi belajar akuntansi keuangan menengah secara simultan maupun parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 2 Semarang yang telah menempuh mata diklat akuntansi keuangan menengah sejumlah 118 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh sehingga semua populasi digunakan sebagai sampel penelitian. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi dan kuisioner. Metode analisis data meliputi analisis deskriptif persentase, uji prasyarat regresi, uji asumsi klasik, dan analisis regresi barganda. Hasil penelitian dari uji secara simultan menunjukan secara bersama-sama prestasi belajar akuntansi dasar dan cara belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi keuangan menengah sebesar 48,8% dengan tingkat signifikansi 0,000. Sedangkan hasil uji parsial menunjukkan bahwa prestasi belajar akuntansi dasar dan cara belajar juga memberikan pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi keuangan menengah. Hal ini terlihat pada probabilitas signifikansi prestasi belajar akuntansi dasar dan cara belajar masing-masing sebesar 0,000. Besarnya pengaruh antara prestasi belajar akuntansi dasar (X1) terhadap prestasi belajar akuntansi keuangan menengah (Y) secara individual tergolong relatif kecil. Hal ini ditunjukkan pada nilai r2 sebesar 0,2098. Sedangkan pengaruh antara cara belajar (X2) terhadap prestasi belajar akuntansi keuangan menengah (Y) secara individual juga tergolong relatif kecil. Hal ini ditunjukkan pada nilai r2 sebesar 0,2652. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa secara simultan dan parsial ada pengaruh antara prestasi belajar akuntansi dasar dan cara belajar terhadap prestasi belajar akuntansi keuangan menengah. Oleh karena itu disarankan siswa hendaknya bersungguh-sungguh dalam mengikuti mata diklat dasar, siswa juga diharapkan untuk memperbaiki cara belajar, guru diharapkan lebih meningkatkan kinerja dalam mengajar dan menjalin hubungan yang baik dengan siswa, bagi sekolah dan orang tua diharapkan dapat memberikan dukungan dan fasilitas belajar agar pencapaian prestasi belajar siswa meningkat.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prestasi Belajar, Akuntansi Keuangan Menengah, Akuntansi Dasar, Cara Belajar. |
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Users 3257 not found. |
Date Deposited: | 14 Nov 2011 01:37 |
Last Modified: | 14 Nov 2011 01:37 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7460 |
Actions (login required)
View Item |