PENERAPAN CD PEMBELAJARAN LABORATORIUM MAYA PADA POKOK BAHASAN KELISTRIKAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA N 2 SEMARANG


Wijiyadi Purnomo , 4201404051 (2011) PENERAPAN CD PEMBELAJARAN LABORATORIUM MAYA PADA POKOK BAHASAN KELISTRIKAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA N 2 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN CD PEMBELAJARAN LABORATORIUM MAYA PADA POKOK BAHASAN KELISTRIKAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA N 2 SEMARANG]
Preview
PDF (PENERAPAN CD PEMBELAJARAN LABORATORIUM MAYA PADA POKOK BAHASAN KELISTRIKAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA N 2 SEMARANG) - Published Version
Download (275kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Purnomo, Wijiyadi. 2011. Penerapan CD Pembelajaran Laboratorium Maya Pada Pokok Bahasan Kelistrikan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA N 2 Semarang. Skripsi, Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Utama Drs. Kadartono Pratikno, M.T. dan Pembimbing Pendamping Bambang Subali, M.Pd. Kata kunci: laboratorium maya, kelistrikan, hasil belajar Berdasarkan observasi di lapangan, saat ini praktikum hanya menjadi sumber belajar sekunder. Hal ini dikarenakan kelas yang mengadakan praktikum, jam pelajarannya hanya habis untuk melakukan persiapan praktikum. Sedangkan praktikum sendiri membutuhkan waktu yang juga tidak sedikit. Sehingga hasil belajar siswa tidak mengalami peningkatan sebelum maupun sesudah melakukan praktikum. Untuk mencari solusi atas kekurangan tersebut, maka peneliti mengembangkan CD pembelajaran laboratorium maya yang menyediakan kondisi praktikum di dalam sebuah CD. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan sumber belajar praktikum yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek pada penelitin ini adalah siswa kelas X-8 SMA Negeri 2 Semarang yang berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan CD pembelajaran laboratorium maya pada pokok bahasan kelistrikan mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA N 2 sebesar 88,89 %. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa CD pembelajaran laboratorium maya pada materi pokok kelistrikan mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA N 2 Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: laboratorium maya, kelistrikan, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 3260 not found.
Date Deposited: 14 Nov 2011 01:49
Last Modified: 14 Nov 2011 01:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7297

Actions (login required)

View Item View Item