Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievment Divisions (STAD) dengan Media Foto untuk meningkatkan Prestasi Belajar IPS Materi Sejarah Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Bumiayu Tahun Pelajaran 2010/ 2011


Bunga Agustiningtias, 3101407024 (2011) Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievment Divisions (STAD) dengan Media Foto untuk meningkatkan Prestasi Belajar IPS Materi Sejarah Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Bumiayu Tahun Pelajaran 2010/ 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri semarang.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievment Divisions (STAD) dengan Media Foto untuk meningkatkan  Prestasi Belajar IPS Materi Sejarah Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Bumiayu  Tahun Pelajaran 2010/ 2011]
Preview
PDF (Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievment Divisions (STAD) dengan Media Foto untuk meningkatkan Prestasi Belajar IPS Materi Sejarah Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Bumiayu Tahun Pelajaran 2010/ 2011) - Published Version
Download (103kB) | Preview

Abstract

Agustiningtias, Bunga. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievment Divisions (STAD) dengan Media Foto untuk meningkatkan Prestasi Belajar IPS Materi Sejarah Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Bumiayu Tahun Pelajaran 2010/ 2011. Skripsi, Jurusan Sejarah, FIS UNNES. Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang. Kata Kunci: Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions, Media Foto, Prestasi Belajar. Pembelajaran merupakan sarana bagi siswa untuk mendapatkan ilmu di sekolah, namun pada kenyataannya masih banyak kendala. Baik dari segi media maupun model pembelajaran yang diberikan oleh guru, sehingga membatasi siswa untuk lebih mengembangkan pengetahuannya. Prestasi belajar pada mata pelajaran IPS materi sejarah di SMP Negeri 3 bumiayu masih tergolong rendah, karena banyak siswa yang belum mencapai batas ketuntasan. Oleh karena itu, diperlukan ketrampilan seorang guru dalam memberi dan memilih media pembelajaran dan model pembelajaran. Tujuan penelitian ini: (1) Mengetahui keefektifan penerapan model STAD dibantu media foto dalam pembelajaran di kelas, (2) Mengetahui penggunaan model STAD dibantu media Foto ini dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Dalam penelitian ini digunakan metode kuantitatif yang bersifat eksperimental, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Bumiayu tahun ajaran 2010/2011. Sampel penelitian diambil dengan tekhnik random sampling dan terpilih satu kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran STAD dibantu dengan media foto, dan satu kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan model STAD murni tanpa berbantu media foto. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, dokumen dan tes. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji kesamaan dua rata- rata nilai awal dan nilai akhir. Hasil penelitian menunjukkan rata- rata hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 71, 74 sedangkan kelas control adalah 65, 67. Hal ini membuktukan bahwa rata- rata nilai hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran STAD berbantuan media foto lebih dari rata- rata hasil belajar peserta didik yang diajar mengguanakn model pembelajaran STAD murni. Dari perolehan hasil nilai tersebut maka hampir 97% siswa sudah berada di atas batas tuntas, sehingga pembelajaran dikatakan tuntas dan dilanjutkan dengan materi selanjutnya. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis tersebut maka bisa diambil kesimpulan sebagai berikut:(1) Model pembelajaran STAD dibantu dengan media foto penggunaannya sangat mudah diterapkan diperoleh dari hasil pengamatan adalah 70% kemudian pada pertemuan berikutntya meningkat menjadi 85%, hal ini membuktikan bahwa terjadi peningkatan pada setiap pertemuannya secara signifikan, jadi penggunaan model pembelajaran STAD dengan media foto ini efektif penggunaannya dalam pemebelajaran di kelas.(2) Model pembelajaran STAD dibantu dengan media foto ini terbukti meningkatkan hasil belajar siswa sehingga prestasi siswa meningkat pada pelajaran IPS materi sejarah, dibuktikan pada nilai Post test dimana hasil analisisnya menunjukkan bahwa Equal variances assumed, harga t (sig 2- tailed) = 0.001 < 0.05, sehingga Ho ditolak, artinya rata-rata nilai hasil belajar peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran STAD dengan media foto lebih dari rata-rata nilai hasil belajar peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran STAD dengan media gambar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions, Media Foto, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LA History of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 3313 not found.
Date Deposited: 14 Nov 2011 01:56
Last Modified: 14 Nov 2011 01:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7177

Actions (login required)

View Item View Item