KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR SISWA PADA MODEL LEARNING CYCLE 5E DITINJAU DARI SELF-EFFICACY BERBANTUAN GRUP WHATSAPP
Didik Suhandri, 4101416106 (2021) KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR SISWA PADA MODEL LEARNING CYCLE 5E DITINJAU DARI SELF-EFFICACY BERBANTUAN GRUP WHATSAPP. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF (SKRIPSI)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Aljabar merupakan salah satu cabang dalam matematika yang penting untuk dikuasai siswa. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di SMP Negeri 32 Semarang, masih ada siswa yang mengalami kesulitan ketika mempelajari mengenai materi aljabar yaitu setelah dilihat dari hasil belajar materi aljabar 65% belum mencapai nilai KKM yang ditentukan sekolah. Tujuan utama dari penelitian ini adalah menganalisis kemampuan berpikir aljabar siswa ditinjau dari Self Efficacy, sebagai akibat dari penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan grup WhatsApp. Metode penelitian yang digunakan yaitu sequential explanatory. Sampel diambil dua kelas dengan teknik purpose sampling dari populasi kelas VII SMP Negeri 32 Semarang. Kelas eksperimen diterapkan model Learning Cycle 5E sedangkan kelas kontrol menggunakan model PBL dan kedua kelas menggunakan Grup WhatsApp disetiap pembelajarannya. Subjek pada penelitian ini sebanyak 6 siswa dari kelas eksperimen. Analisis data kualitatif yaitu data hasil wawancara dan hasil tes berpikir aljabar subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Kemampuan berpikir aljabar siswa dengan penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan grup WhatsApp dapat mencapai ketuntasan belajar minimal. (2) Rata-rata hasil tes kemampuan berpikir aljabar siswa melalui penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan Grup WhatsApp lebih baik dari rata-rata hasil tes kemampuan berpikir aljabar siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Grup WhatsApp. (3) Terdapat pengaruh antara Self-Efficacy terhadap kemampuan berpikir aljabar siswa pada model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan Grup WhatsApp. (4) Kemampuan berpikir aljabar pada siswa kelompok kategori Self-Efficacy tinggi, mampu menguasai kemampuan generasional, transformasional, dan level-meta global. (5) Kemampuan berpikir aljabar pada siswa kelompok kategori Self-Efficacy sedang, mampu menguasai kemampuan generasional dan transformasional, tetapi belum dapat menguasai kemampuan level-meta global. (6) Kemampuan berpikir aljabar pada siswa kelompok kategori Self-Efficacy rendah, belum mampu menguasai kemampuan transformasional, kemampuan generasional dan level-meta global.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berpikir Aljabar; Learing Cycle 5E; Self-Efficacy, Grup WhatsApp |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Learning Model L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 23 Dec 2024 07:14 |
Last Modified: | 23 Dec 2024 07:14 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66471 |
Actions (login required)
View Item |