KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN TEMATIK


Ella Idhar Rachmawati, 4101414039 (2021) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN TEMATIK. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI] PDF (SKRIPSI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan persentase daya serap penguasaan materi soal matematika menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis UN SMP/MTs di kota Semarang tahun pelajaran 2015/2016 terbilang rendah, baik dilihat di tingkat Kota/Kabupaten hingga Nasional. Tujuan penelitian ini adalah (1) menguji kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari gaya belajar peserta didik menggunakan model PBL bertema mecapai ketuntasan belajar; (2) mengguji kemampuan komunikasi matematis dengan model PBL bertema lebih baik dari model PBL; (3) menguji perbedaan kemampuan komunikasi matematis antar peserta didik menggunakan model PBL bertema dengan model PBL; (4) menguji perbedaan kemampuan komunikasi matematis peserta didik dengan gaya belajar yang berbeda; (5) serta mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis peserta didik berdasarkan gaya belajar dalam pembelajar PBL bertema. Jenis penelitian ini adalah mix methods dan menggunakan desain penelitan Post-test Only Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah peserta didik SMP Negeri 3 Semarang kelas VII A dan VII B. Instrumen utama penelitain ini adalah tes kemampuan komunikasi matematis, angket gaya belajar peserta didik, dan wawancara. Teknik analisis data kuantitatif yang dilakukan adalah uji rata-rata pihak kanan, uji kesamaan dua proporsi, uji perbedaan rata-rata dan uji Anava. Teknik analisis data kualitatif yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari gaya belajar peserta didik menggunakan model PBL bertema mencapai ketuntasan belajar; (2) kemampuan komunikasi matematis dengan model PBL bertema lebih baik dari model PBL; (3) terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antar peserta didik menggunakan model PBL bertema dengan model PBL; (4) tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan komunikasi matematis peserta didik dengan gaya belajar yang berbeda; (5) deskripsi kemampuan komunikasi matematis peserta didik berdasarkan gaya belajar dalam pembelajar PBL bertema. Penelitian ini dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran matematika dengan memperhatikan beberapa hal sebagai berikut (1) menggunakan model PBL bertema dengan mempertimbangkan tema yang sesuai dengan materi yang diajarkan; (2) diharapkan untuk memperhatikan kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada materi lainnya; (3) diharapkan penggunaan intrumen pembelajaran disesuaikan dengan gaya belajar masing-masing peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan komunikasi matematis, gaya belajar, PBL bertema
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 23 Dec 2024 04:59
Last Modified: 23 Dec 2024 04:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66466

Actions (login required)

View Item View Item