PROBLEMATIKA PENGGUNAAN MICROSOFT TEAMS SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA
Witha Paramitha, 4101417074 (2022) PROBLEMATIKA PENGGUNAAN MICROSOFT TEAMS SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
![]() |
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMP Negeri 2 Semarang, banyak siswa yang belum mendapatkan hasil belajar yang optimal. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa hambatan yang dialami guru maupun siswa sehingga berpengaruh terhadap motivasi belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika penggunaan Microsoft Teams sebagai sarana pembelajaran daring terhadap motivasi belajar matematika siswa dan untuk mengetahui upaya dalam menghadapi problematika penggunaan Microsoft Teams sebagai sarana pembelajaran daring terhadap motivasi belajar matematika siswa. Jenis dari penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Untuk memperoleh data peneliti menggunakan metode observasi, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, analisis data meliputi tahap reduksi data (data reduction), tahap penyajian data (data display), serta tahap penarikan kesimpulan (conclusion drawing/verification). Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa (1) Problematika penggunaan Microsoft Teams sebagai sarana pembelajaran daring terhadap motivasi belajar matematika siswa bersifat internal dan eksternal. Problematika internal meliputi problematika minat belajar siswa, problematika kemampuan siswa, dan problematika kondisi siswa. Problematika eksternal meliputi problematika lingkungan keluarga, problematika lingkungan tempat belajar, serta problematika fasilitas yang menunjang dalam belajar. (2) Upaya kepala sekolah bagi siswa yang tidak memiliki smartphone pribadi dapat melapor ke sekolah sehingga akan dikoordinasikan dengan paguyuban orang tua untuk dicarikan solusinya. Selain itu, kepala sekolah juga mengundang berbagai motivator untuk memberikan motivasi belajar kepada siswa melalui live YouTube. Upaya guru mata pelajaran matematika memberikan tambahan waktu di luar jam pelajaran agar siswa lebih memahami materi pelajaran yang disampaikan. Guru juga senantiasa memberikan reward berupa tambahan nilai agar siswa termotivasi untuk terus belajar. Upaya yang dilakukan siswa ketika tidak memahami pelajaran yaitu bertanya kepada teman sebaya, guru les, maupun mencari penjelasan tambahan di Google ataupun YouTube. Tingkat motivasi belajar matematika siswa SMP Negeri 2 Semarang dengan menggunakan Microsoft Teams sebagai sarana pembelajaran daring berada pada kategori sedang dengan frekuensi 33 dan persentase 66%.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | problematika, microsoft teams, motivasi belajar |
Subjects: | L Education > Special Education > Mathematics Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 13 Dec 2024 03:36 |
Last Modified: | 13 Dec 2024 03:36 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66250 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |