Kemampuan Komunikasi Matematis dengan Model Pembelajaran Think Pair Share berdasarkan Self Efficacy Siswa SMP Kelas VII
Zhaiddin Anwar, 4101413190 (2020) Kemampuan Komunikasi Matematis dengan Model Pembelajaran Think Pair Share berdasarkan Self Efficacy Siswa SMP Kelas VII. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis merupakan kemampuan yang harus dimiliki siswa untuk menyampaikan ide dan gagasan matematisnya dalam pembelajaran dikelas maupun dikehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan pembelajaran Think Pair Sharedapat mencapai ketuntasan belajar klasikal serta untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa berdasarkan self efficacy yang dimiliki siswa pada pembelajaran Think Pair Share. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasinya adalah semua siswa kelas VII SMPN 1 Matesih tahun pelajaran 2019/2020. Kelas VII A sebagai kelas Eksperimen dan terpilih 3 subjek penelitian masing-masing 1 subjek dari kategori atas, tengah, dan bawah berdasarkan pengelompokan hasil angket self efficacy. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) Kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Think Pair Share mencapai ketuntasan klasikal. 2) Rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Think Pair Share lebih dari rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Direct Instruction. 3) Deskripsi kemampuan komunikasi matematis siswa dengan model pembelajaran Think Pair berdasarkan self efficacy siswa adalahsiswa pada self efficacy kelompok atas mencapai tiga indikator kemampuan komunikasi matematis dengan sangat baik yaitu mampu menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan; menyatakan permasalahan matematika dalam bentuk gambar; mampu menuliskan langkah-langkah dalam menyelesaikan masalah matematika; siswa dapat dengan benar namun kurang lengkap dalam menyimpulkan permasalahan matematika. Siswa pada self efficacy kelompok tengah sangat baik dalam mencapai dua indikator yaitu mampu menuliskan informasi yang diketahui dan ditanyakan dan mampu menuliskan kesimpulan dengan benar. Pada indikator menyatakan permasalahan kedalam gambar, tabel dan grafik mencapai dengan baik, dan dalam menuliskan langkah-langkah penyelesaian permasalahan matematika dicapai dengan cukup baik. Siswa pada self efficacy kelompok bawah siswa dengan baik mampu menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan; siswa tidak dapat dengan tepat menyatakan permasalahan matematika dalam bentuk gambar, tabel, grafik, aljabar; siswa mampu menuliskan langkah-langkah menuliskan kesimpulan sesuai dengan hasil pekerjaannya walaupun dengan hasil yang tidak sesuai.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Komunikasi Matematis, Think Pair Share, Self Efficacy |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 13 Dec 2024 03:34 |
Last Modified: | 13 Dec 2024 03:34 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66249 |
Actions (login required)
View Item |