ANALISIS LITERASI NUMERASI DALAM MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM-SOLVING DENGAN PENDEKATAN REALISTIK PARIWISATA KEBUMEN PADA SISWA KELAS 8


Anifa Mirza Liadiani, 4101417081 (2023) ANALISIS LITERASI NUMERASI DALAM MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM-SOLVING DENGAN PENDEKATAN REALISTIK PARIWISATA KEBUMEN PADA SISWA KELAS 8. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4101417081_Anifa Mirza Liadiani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian mixed method dengan desain experimental mixed method. Pendekatan kuantitatifnya menggunakan quasi experimental posttest-only design, sedangkan pendekatan kualitatifnya menggunakan deskriptif-kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Creative Problem Solving dengan pendekatan realistik pariwisata Kebumen dapat meningkatkan literasi numerasi serta mendeskripsikan literasi numerasi dari kelompok kontrol dan eksperimen untuk menjelaskan hasil data kuantitatifnya. Populasi yang diteliti adalah siswa kelas 8 SMP Negeri 2 Kutowinangun tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 243 siswa dengan sampel sebanyak 2 kelas dan subjek penelitian sebanyak 6 siswa. Sampel dikelompokkan menjadi kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling. Subjek penelitian ditentukan dari tiga kategori, yaitu siswa yang memiliki nilai literasi numerasi tinggi, sedang, dan rendah. Pengambilan subjek penelitian dilakukan dengan confirming or disconfirming sampling. Pengumpulan data kuantitatif menggunakan tes literasi numerasi. Pengumpulan data kualitatif menggunakan wawancara terbuka dan dokumentasi. Setelah dipastikan data kedua kelompok berdistribusi normal dan homogen kemudian hipotesis kuantitatif diuji menggunakan uji rata-rata satu pihak kanan, uji proporsi satu pihak kanan, dan uji perbedaan dua rata-rata satu pihak kanan. Dari hasil penelitian didapatkan kesimpulan: (1) model Creative Problem Solving dengan pendekatan realistik pariwisata Kebumen efektif untuk meningkatkan literasi numerasi siswa kelas 8 di SMP Negeri 2 Kutowinangun dibuktikan dengan nilai rata-rata tes literasi numerasi kelompok eksperimen mencapai ketuntasan secara individual, proporsi nilai tes literasi numerasi kelompok eksperimen mencapai ketuntasan secara klasikal, dan nilai rata-rata tes literasi numerasi kelompok eksperimen lebih baik dari kelompok kontrol; (2) siswa dengan nilai tes literasi numerasi rendah untuk kelompok kontrol berada pada tingkat numerasi perlu intervensi khusus untuk kelompok eksperimen berada pada tingkat dasar. Siswa dengan nilai tes literasi numerasi sedang untuk kelompok kontrol berada pada tingkat dasar, untuk kelompok eksperimen berada pada tingkat cakap. Siswa dengan nilai tes literasi numerasi tinggi untuk kelompok kontrol dan kelompok eksperimen sama-sama berada pada tingkat mahir.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: literasi numerasi, model pembelajaran Creative Problem Solving, pendekatan realistik, pariwisata Kebumen
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 25 Nov 2024 07:06
Last Modified: 25 Nov 2024 07:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65894

Actions (login required)

View Item View Item