LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI RASA INGIN TAHU PADA BRAIN BASED LEARNING MENGGUNAKAN STRATEGI QUICK ON THE DRAW
Triyani Safitri, 4101419016 (2023) LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI RASA INGIN TAHU PADA BRAIN BASED LEARNING MENGGUNAKAN STRATEGI QUICK ON THE DRAW. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
![]() |
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (38MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguji apakah Brain Based Learning menggunakan strategi Quick on The Draw berkualitas untuk meningkatkan literasi matematika, (2) menguji apakah rasa ingin tahu berpengaruh signifikan terhadap literasi matematika, (3) mendeskripsikan literasi matematika peserta didik ditinjau dari rasa ingin tahu pada Brain Based Learning menggunakan strategi Quick on The Draw. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed method dengan desain sequential explanatory. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 1 Semarang tahun ajaran 2022/2023. Sementara subjek penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data yang dilakukan adalah analisis data kevalidan perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian, analisis pengamatan aktivitas guru atau keterlaksanaan pembelajaran, analisis data kuantitatif, dan analisis data kualitatif. Analisis data kuantitatif meliputi uji normalitas dan homogenitas, uji rata-rata berdasarkan BTA, uji ketuntasan klasikal, uji perbedaan dua rata-rata, uji perbedaan dua proporsi, dan uji perbedaan rata-rata peningkatan literasi matematika, serta uji regresi linear sederhana. Sedangkan analisis data kualitatif meliputi keabsahan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Brain Based Learning menggunakan strategi Quick on The Draw berkualitas untuk meningkatkan literasi matematika, (2) terdapat pengaruh positif antara rasa ingin tahu dan literasi matematika yaitu sebesar 44,9%, (3) peserta didik dengan rasa ingin tahu tinggi menguasai enam indikator literasi matematika, terlihat bahwa mereka mampu (a) menuliskan informasi yang diketahui dan ditanyakan; (b) membuat bentuk matematika; (c) membuat ilustrasi gambar; (d) membuat kesimpulan penyelesaian dan alasan; (e) merencankan strategi penyelesaian; (f) menggunakan alat matematika, peserta didik dengan rasa ingin tahu sedang menguasai tiga indikator literasi matematika, terlihat bahwa mereka mampu (a) menuliskan informasi yang diketahui dan ditanyakan; (b) merencanakan strategi penyelesaian; (c) menggunakan alat matematika, sedangkan peserta didik dengan rasa ingin tahu rendah belum menguasai seluruh indikator literasi matematika, terlihat bahwa mereka belum tepat dan maksimal dalam (a) menuliskan informasi yang diketahui dan ditanyakan; (b) membuat bentuk matematika; (c) membuat ilustrasi gambar; (d) membuat kesimpulan penyelesaian dan alasan; (f) merencanakan strategi penyelesaian; (g) menggunakan alat matematika
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi Matematika, Brain Based Learning, Quick on The Draw, Rasa Ingin Tahu |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 07:01 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 07:01 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65892 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |