THE EFFECTIVENESS OF POE2WE MODEL ASSISTED BY MATHCITYMAP AS DIGITAL LEARNING INNOVATION TO IMPROVE PROBLEM-SOLVING ABILITIES VIEWED FROM STUDENT SELF-CONFIDENCE
Shafira Aulia Libertin, 4101419002 (2023) THE EFFECTIVENESS OF POE2WE MODEL ASSISTED BY MATHCITYMAP AS DIGITAL LEARNING INNOVATION TO IMPROVE PROBLEM-SOLVING ABILITIES VIEWED FROM STUDENT SELF-CONFIDENCE. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (14MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui keefektivan model POE2WE berbantuan MathCityMap sebagai inovasi digital learning dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik, (2) untuk mengetahui apakah ada pengaruh self-confidence peserta didik pada model POE2WE berbantuan MathCityMap terhadap kemampuan pemecahan masalahnya, dan (3) untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah peserta didik jika ditinjau dari tingkat self-confidence pada penerapan model POE2WE dengan bantuan MathCityMap. Penelitian ini adalah penelitian mix methods dengan sequential explanatory design. Subjek pada penelitian ini diambil menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain observasi, tes, dokumentasi, angket, dan wawancara. Analisis awal data kuantitatif meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis akhir data kuantitatif meliputi analisis lembar pengamatan aktivitas peserta didik, analisis angket respon peserta didik, dan analisis pemahaman konsep peserta didik yang terdiri dari uji ketuntasan klasikal, uji rata-rata ketuntasan minimal, uji perbedaan dua rata-rata, dan uji perbedaan dua proporsi, serta uji regresi linear sederhana. Sedangkan analisis data kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data, interpretasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran dengan model POE2WE berbantuan MathCityMap efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik, (2) self-confidence peserta didik pada model POE2WE berbantuan MathCityMap berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik, dan (3) peserta didik dengan self�confidence tinggi mampu menguasai indikator kemampuan pemecahan masalah dengan sangat baik, peserta didik dengan self-confidence sedang mampu menguasai indikator kemampuan pemecahan masalah dengan baik meskipun masih terdapat beberapa kesalahan, dan peserta didik dengan self-confidence rendah belum cukup mampu untuk menguasai indikator kemampuan pemecahan masalah matematis.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | POE2WE, MathCityMap, Kemampuan Pemecahan Masalah, Self�Confiden |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 04:28 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 04:28 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65866 |
Actions (login required)
View Item |