PENGARUH CITRA MEREK, PROMOSI DAN ULASAN PRODUK TERHADAP MINAT BELI PADA APLIKASI SHOPEE DI MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG ANGKATAN 2019


Chorina Sinta Devi, 7101418144 (2023) PENGARUH CITRA MEREK, PROMOSI DAN ULASAN PRODUK TERHADAP MINAT BELI PADA APLIKASI SHOPEE DI MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG ANGKATAN 2019. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101418144_Chorina Sinta Devi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Pesatnya perkembangan internet menjadikan masyarakat Indonesia semakin terbuka terhadap kemajuan teknologi. Kemajuan teknologi menjadikan perubahan di dunia bisnis hal ini menyebabkan perusahan harus menciptakan strategi baru untuk bersaing dari perusahaan lain. Hampir setiap hari masyarakat Indonesia beraktifitas menggunakan internet, salah satunya dalam bidang ekonomi yang meliputi pemasaran barang dan jasa bahkan sampai transaksi jual beli juga menggunakan internet seperti belanja secara online. Sebelumnya berbelanja harus datang langsung ke toko tetapi sekarang pembeli bisa melakukan transaksi berbelanja secara online menggunakan marketplace. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh citra merek, promosi, dan ulasan produk terhadap minat beli pada aplikasi shopee di Universitas Negeri Semarang angkatan 2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel penelitian adalah 165 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportional random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang sudah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif statistik dengan menggunakan angka indeks five box method dan menggunakan SEM dengan software warpPLS 7.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa citra merek, promosi, dan ulasan produk pada mahasiswa Universitas Negeri Semarang angkatan 2019 dalam kategori sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek, promosi, dan ulasan produk berpengaruh terhadap minat beli pada aplikasi shopee di Universitas Negeri Semarang angkatan 2019 Berdasarkan hasil penelitian, saran dalam penelitian ini adalah meningkatkan pengetahuan mahasiswa tentang citra merek, memahami promosi yang ditawarkan di marketplace Shopee serta memiliki kemampuan untuk membandingkan produk yang akan dibeli dengan produk lainnya. Sehingga dengan menerapkan hal tersebut dengan baik dapat menjadi pertimbangan terlebih dahulu sebelum membeli produk yang diminati.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Citra Merek, Promosi, Ulasan Produk, Minat Beli, dan Aplikasi Shopee
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 25 Nov 2024 03:30
Last Modified: 25 Nov 2024 03:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65813

Actions (login required)

View Item View Item