ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PADA PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN SOAL OPEN ENDED DITINJAU DARI KEAKTIFAN BELAJAR SISWA
Fajar Adjie Buwana, 4101418143 (2023) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PADA PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN SOAL OPEN ENDED DITINJAU DARI KEAKTIFAN BELAJAR SISWA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
![]() |
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (15MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berbantuan soal open ended efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, mengetahui apakah model pembelajaran Creative Problem Solving berbantuan soal open ended lebih efektif daripada model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa, mengetahui pengaruh antara keaktifan siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, dan mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa ditinjau dari keaktifan siswa pada pembelajaran CPS berbantuan soal open ended. Kemampuan berpikir kreatif matematis kelas CPS berbantuan soal open ended dikatakan efektif apabila tuntas klasikal, rata-rata kelas eksperimen mencapai minimal 75, rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematis kelas CPS berbantuan soal open ended lebih tinggi dari kelas PBL, dan proporsi ketuntasan kemampuan berpikir kreatif matematis kelas CPS berbantuan soal open ended lebih tinggi dari kelas PBL. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mix method. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sragen tahun ajaran 2022/2023 dengan kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Subjek kuantitatif penelitian ini adalah seluruh siswa kelas eksperimen, sedangkan subjek kualitatif pada penelitian ini adalah berjumlah 6 orang siswa dari subjek kuantitatif. Teknik purposive sampling digunakan untuk pemilihan subjek dari kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan berpikir kreatif matematis, angket keaktifan siswa, dan pedoman wawancara. Indikator kemampuan berpikir kreatif matematis dalam penelitian ini, yaitu (1) kelancaran, (2) fleksibilitas, (3) keaslian, (4) elaborasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) pembelajaran CPS berbantuan soal open ended efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa; (b) pembelajaran CPS berbantuan soal open ended lebih efektif dari model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa; (c) terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel keaktifan siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Selain itu, diperoleh deskripsi kemampuan berpikir kreatif matematis ditinjau dari keaktifan siswa, yaitu: (1) Subjek dengan keaktifan tinggi cenderung memenuhi semua indikator kemampuan berpikir kreatif matematis; (2) Subjek dengan keaktifan sedang cenderung memenuhi indikator 2, 3, dan 4 dengan baik serta cenderung cukup memenuhi indikator 1; (3) Subjek dengan keaktifan rendah cenderung memenuhi indikator 3 dan 4 dengan baik, cenderung cukup memenuhi indikator 1 serta cenderung kurang memenuhi indikator 2
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berpikir Kreatif Matematis, Creative Problem Solving (CPS), Soal Open Ended, Keaktifan Siswa. |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 02:21 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 02:21 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65780 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |