PENGEMBANGAN BUKU AJAR PLSV-PtLSV BERNUANSA ETNOMATEMATIKA BERORIENTASI MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK


Christin Natalia Ginting, 4101419009 (2023) PENGEMBANGAN BUKU AJAR PLSV-PtLSV BERNUANSA ETNOMATEMATIKA BERORIENTASI MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4101419009_Christin Natalia Ginting.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (37MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan berpikir kritis diperlukan bagi peserta didik untuk menyelesaikan permasalahan. Disebabkan hasil belajar kemampuan berpikir kritis matematika peserta didik kelas VII SMPN 5 Satu Atap Kalikajar menunjukkan bahwa nilai rata-rata materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel adalah . Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses Pengembangan Buku Ajar PLSV�PtLSV Bernuansa Etnomatematika Berorientasi Model PBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model 4D. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMPN 5 Satu Atap Kalikajar berjumlah 23. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan lembar angket. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase kelayakan dan keterbacaan buku ajar PLSV-PtLSV bernuansa etnomatematika berorientasi model PBL adalah dan . dengan kriteria sangat baik. Buku ajar PLSV-PtLSV bernuansa etnomatematika berorientasi model PBL efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik karena dengan skor peningkatan n-gain sebasar dengan kriteria tinggi. Hal ini sesuai dengan peserta didik yang memberikan respon sangat positif terhdapat buku ajar tersebut dengan persentase . Berdasarkan hasil penelitian tersebut diperoleh sebuah produk akhir berupa buku ajar PLSV-PtlSV bernuansa etnomatematika berorientasi model PBL yang berkualitas untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: PBL, Kemampuan Berpikir Kritis, Pengembangan Buku Ajar, Etnomatematika
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 25 Nov 2024 01:46
Last Modified: 25 Nov 2024 01:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65754

Actions (login required)

View Item View Item