ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI KARAKTER PERCAYA DIRI SISWA DALAM PEMBELAJARAN STUDENT-CREATED CASE STUDIES BERBASIS OPEN ENDED
Haning Widyastuti, 0401515005 (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI KARAKTER PERCAYA DIRI SISWA DALAM PEMBELAJARAN STUDENT-CREATED CASE STUDIES BERBASIS OPEN ENDED. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu fokus dalam pembelajaran matematika. Karakter percaya diri menjadi faktor yang memperkuat kemampuan pemecahan masalah. Penerapan pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan pemecahan masalah di antaranya Student-Created Case Studies. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) keefektifan pembelajaran Student-Created Case Studies berbasis open ended terhadap kemampuan pemecahan masalah dan karakter percaya diri siswa, (2) perkembangan kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran Student�Created Case Studies, (3) kemampuan pemecahan masalah siswa ditinjau dari karakter percaya diri aspek tingkah laku dalam pembelajaran Student-Created Case Studies, (4) kemampuan pemecahan masalah siswa ditinjau dari karakter percaya diri aspek emosi dalam pembelajaran Student-Created Case Studies, dan (5) kemampuan pemecahan masalah siswa ditinjau dari karakter percaya diri aspek spiritual dalam pembelajaran Student-Created Case Studies. Jenis penelitian ini adalah mixed method dengan desain concurrent embedded. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel cluster sampling. Terpilih kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Data diperoleh dengan metode dokumentasi, tes, kuesioner dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa: (1) pembelajaran Student�Created Case Studies berbasis open ended efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah dan karakter percaya diri siswa, (2) kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran Student-Created Case Studies menunjukkan perkembangan yang baik, (3) karakter percaya diri aspek tingkah laku berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran Student�Created Case Studies, (4) karakter percaya diri pada emosi berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran Student-Created Case Studies, dan (5) karakter percaya diri aspek spiritual berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran Student-Created Case Studies. Pengimplementasian pembelajaran Student-Created Case Studies sebagai alternatif usaha perbaikan pembelajaran di sekolah dalam mengefektifkan pembelajaran matematika khususnya dalam mengembangkan kemampuan pemecahan siswa pada materi geometri.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah, Percaya Diri |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 20 Nov 2024 02:42 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 02:42 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65731 |
Actions (login required)
View Item |