PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE TUTOR SEBAYA (PEER TEACHING) TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN AUTOCAD KELAS XI JURUSAN TEKNIK PERAWATAN GEDUNG SMKN 7 SEMARANG
Fakhrizal Darma Galih, 5101419036 (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE TUTOR SEBAYA (PEER TEACHING) TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN AUTOCAD KELAS XI JURUSAN TEKNIK PERAWATAN GEDUNG SMKN 7 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran Autocad merupakan pembelajaran yang mempelajari tentang program komputer yaitu software Autocad. Autocad merupakan aplikasi yang sering digunakan untuk menggambar atau meerencanakan suatu denah bangunan, gedung, jalan, maupun jembatan. Pembelajaran Autocad merupakan pembelajaran wajib bagi siswa kelas XI jurusan Teknik Perawatan Gedung sebagai bekal keterampilan kerja untuk terjun langsung ke dunia kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode tutor sebaya mampu meningkatkan keaktifan belajar sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran Autocad kelas XI jurusan Teknik Perawatan Gedung di SMKN 7 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Karena dalam desain ini, peneliti mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendali. Penelitian ini menggunankan kelas kontrol dan kelas eksperimen yang tidak dipilih secara random. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes yang berupa praktik menggambar. Hasil perhitungan dari aplikasi IBM SPSS 26 menyatakan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya dan keaktifan terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa pengaruh keaktifan belajar terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Autocad di kelas eksperimen yang menerapkan metode pembelajaran tutor sebaya lebih baik daripada kelas kontrol yang tidak menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tutor sebaya, Keaktifan siswa, Hasil Belajar |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TYA Teknik Sipil |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 02:53 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 02:53 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65184 |
Actions (login required)
View Item |