(ABSTRAK) PENGARUH PEMANFAATAN TAMAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATERI EKOSISTEM MELALUI PEMBELAJARAN LUAR RUANG TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMA NEGERI 1 AMBARAWA


Indah Permata , 4401405568 (2009) (ABSTRAK) PENGARUH PEMANFAATAN TAMAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATERI EKOSISTEM MELALUI PEMBELAJARAN LUAR RUANG TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMA NEGERI 1 AMBARAWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) PENGARUH PEMANFAATAN TAMAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATERI EKOSISTEM MELALUI PEMBELAJARAN LUAR RUANG TERHADAP HASIL BELAJAR  DI SMA NEGERI 1 AMBARAWA]
Preview
PDF ((ABSTRAK) PENGARUH PEMANFAATAN TAMAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATERI EKOSISTEM MELALUI PEMBELAJARAN LUAR RUANG TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMA NEGERI 1 AMBARAWA) - Published Version
Download (44kB) | Preview

Abstract

Taman sekolah di SMA Negeri 1 Ambarawa belum dimanfaatkan sebagai sumber belajar, pembelajaran masih dilaksanakan di ruang kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemanfaatan taman sekolah sebagai sumber belajar pada materi ekosistem melalui pembelajaran luar ruang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Ambarawa. Desain penelitian ini adalah Control Group pretest-posttest dilakukan pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Ambarawa, kelas X-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-6 sebagai kelas pembanding, yang terdiri atas 40 siswa, pengambilannya dengan teknik Random Sampling. Data pada penelitian ini meliputi hasil belajar siswa diukur dengan pre test dan post test, aktivitas siswa, keterampilan siswa dan kinerja guru diukur dengan lembar observasi, tanggapan siswa serta tanggapan guru terhadap pembelajaran diukur dengan angket. Dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan taman sekolah sebagai sumber belajar pada materi ekosistem melalui pembelajaran luar ruang berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Ambarawa. Ketuntasan hasil belajar siswa kelas eksperimen > kelas pembanding (100% > 95%). Jumlah siswa aktivitasnya minimal aktif kelas eksperimen > siswa kelas pembanding (80% > 48,75%). Jumlah siswa kelas eksperimen sangat terampil dan terampil dalam pembelajaran mencapai 90%. Kinerja guru kelas eksperimen dalam pembelajaran sangat baik. Jumlah siswa memberi tanggapan sangat baik dan baik terhadap pembelajaran sebesar 80%. Guru memberi tanggapan baik terhadap pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Taman sekolah, pembelajaran luar ruang, ekosistem
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 29 Oct 2011 04:22
Last Modified: 29 Oct 2011 04:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6517

Actions (login required)

View Item View Item