STUDY LITERATURE: MODEL PEMBELAJARAN SEARCH SOLVE CREATE SHARE (SSCS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS


Latifah, 4101418126 (2022) STUDY LITERATURE: MODEL PEMBELAJARAN SEARCH SOLVE CREATE SHARE (SSCS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4101418126_Latifah - Latifah Unnes.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran search, solve, create, and share (SSCS) dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemampuan berpikir kreatif matematis. Penelitian ini melalui proses kajian jurnal, selain untuk memperoleh tujuan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran SSCS. Metode penelitian yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR). Terdapat 5 langkah penelitian menggunakan metode SLR yaitu (1) developing research question (identifikasi pertanyaan penelitian dan mengembangkan protocol penelitian), (2) developing the search strategy (menetapkan lokasi data-base), (3) selection criteria (seleksi data penelitian yang relevan, kriteria seleksi, ekstraksi data), (4) evaluation and analyse data (sintesis hasil penelitian), (5) interpreting (penyajian hasil). Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi yang diperinci dengan diagram PRISMA. Teknik analisis data yaitu menggunakan analisis isi secara sintesis dan meta�analisis menggunakan effect size. Populasi dalam penelitian ini adalah jurnal penelitian nasional terakreditasi Sinta, jurnal penelitian internasional, dan jurnal penelitian internasional terakreditasi Scopus. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan kriteria inklusi yaitu artikel jurnal yang dipublish pada rentang tahun 2017 – 2022, artikel penelitian tentang pengaruh model SSCS terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis, dan artikel penelitian tentang pengaruh model SSCS terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis. Hasil penelitian dari proses dokumentasi diperoleh 4 jurnal tentang pengaruh model pembelajaran SSCS terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dan 4 jurnal tentang pengaruh model pembelajaran SSCS terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis. Hasil analisis artikel jurnal penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran SSCS pada proses pembelajaran matematika cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan model pembelajaran SSCS efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis. Saran dalam penelitian ini adalah artikel jurnal yang terpilih dapat dikaji lebih dalam lagi dan dapat menemukan lebih banyak artikel jurnal yang lain terkait pembahasan pada penelitian ini agar pembahasan yang ditulis semakin menguatkan teori dan menambah pengetahuan baru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemahaman Konsep, Kemampuan Berpikir Kreatif, Model SSCS.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 04 Nov 2024 07:51
Last Modified: 04 Nov 2024 07:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65146

Actions (login required)

View Item View Item