PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN SISWA KELAS VIII MATERI PELUANG DENGAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION (AIR)


Yandita Galuh Ramadhani, 4101417185 (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN SISWA KELAS VIII MATERI PELUANG DENGAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION (AIR). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4101417185_Yandita Galuh Ramadhani - Yandita Galuh Ramadhani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (18MB) | Request a copy

Abstract

Bahan ajar etnomatematika dengan model pembelajaran AIR merupakan inovasi bahan ajar pada bidang matematika yang diharapkan mampu meningkatkan kemampuan penalaran siswa dan membentuk karakter social budaya siswa sehingga kebudayaan sekitar tidak luntur. Pengembangan bahan ajar etnomatematika ini mengacu pada metode Research and Development (R&D) yang telah dimodifikasi dengan tahapan penelitiannya meliputi (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) uji coba produk; (6) uji coba pemakaian; dan (7) produk akhir. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket dan tes. Teknik angket digunakan untuk memperoleh data uji karakteristik dan uji kelayakan bahan ajar dan keterbacaan bahan ajar, sedangkan teknik tes digunakan untuk memperoleh data pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Bahan ajar etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan penalaran siswa kelas VIII materi peluang dengan model pembelajaran AIR yang disusun layak digunakan, (2) Berdasarkan hasil uji N-Gain disimpulkan adanya peningkatan kemampuan penalaran siswa sebesar 0,652 yang termasuk kategori sedang setelah menggunakan bahan ajar etnomatematika dengan model pembelajaran AIR, (3) Keefektifan bahan ajar etnomatematika yang dikembangkan dengan model pembelajaran AIR tinggi karena memberikan pengaruh relatif tinggi dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa dengan diperoleh effect size sebesar 2,48.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: AIR, Etnomatematika, Bahan Ajar, Kemampuan Penalaran Matematis, Peluang.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 04 Nov 2024 07:39
Last Modified: 04 Nov 2024 07:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65143

Actions (login required)

View Item View Item