ANALISIS KESULITAN GURU KELAS V DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD N MUARAREJA 2 KOTA TEGAL


Rifani Dwi Aguvia, 1401418269 (2023) ANALISIS KESULITAN GURU KELAS V DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD N MUARAREJA 2 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401418269_Rifani Dwi Aguvia.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran matematika di sekolah dasar memiliki konsep yang abstrak, sehingga sulit dimengerti oleh anak usia sekolah dasar. Sebaik apapun guru dalam melaksanakan proses pembelajaran tentu terdapat kesulitan yang dialami dalam prosesnya. Guru harus berusaha meningkatkan kompetensi yang dimilikinya untuk mengatasi kesulitan selama pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kesulitan yang dialami dan usaha yang dilakukan guru dalam pembelajaran matematika materi operasi hitung perkalian dan pembagian pecahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Validitas data menggunakan uji kredibilitas, uji keteralihan, uji kebergantungan, dan uji objektivitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat berbagai kesulitan yang dialami guru kelas V meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Kesulitan yang dialami guru antara lain: (1) keterbatasan waktu penyususnan RPP; (2) pemilihan metode pembelajaran kurang bervariasi (3) menyiapkan media pembelajaran; (4) siswa pasif dalam pembelajaran; (5) rendahnya kemampuan awal siswa (6) rendahnya motivasi belajar siswa; (7) penyusunan instrumen evaluasi; (8) kondisi kelas yang kurang kondusif. Usaha yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan pembelajaran yaitu: (1) manajemen wakru; (2) pemilihan variasi metode yang menarik (3) menyiapakan multimedia interaktif; (4) meningkatkan keaktifan belajar; (5) meningkatkan kemampuan berhitung siswa. (6) meningkatkan motivasi belajar siswa; (7) diskusi sesama guru (8) menanamkan sikap jujur. Saran bagi guru hendaknya memperhatikan pemilihan metode dan media pembelajaran agar selaras dengan karakteristik materi. Pemilihan metode dan media yang tepat dapat meningkatkan keaktifan, motivasi, dan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa yang meningkat berarti juga meningkatkan mutu pendidikan. Bukan hanya guru yang dapat berperan dalam meningkatkan mutu pendidikan. Sebagai pemimpin, kepala sekolah juga memiliki peran yang cukup besar. Kepala sekolah hendaknya melakukan pemantauan dan supervisi akademik terhadaap guru untuk memastikan bahwa pembelajaran dapat berjalan efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kesulitan guru, pembelajaran matematika, perkalian & pembagian pecahan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > perceptions of teachers
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 08 Oct 2024 04:10
Last Modified: 08 Oct 2024 04:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64681

Actions (login required)

View Item View Item