PENGARUH WRITTEN FEEDBACK PADA MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN MINAT BELAJAR
ARIS SAPTAJI, 0401518067 (2023) PENGARUH WRITTEN FEEDBACK PADA MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN MINAT BELAJAR. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (37MB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan koneksi matematis sangat penting dimiliki siswa SMK, sehingga dapat menunjang keterampilan mereka ketika di dunia kerja. Penelitian ini bertujuan (1) menganalisis keefektifan penerapan written feedback pada model project-based learning terhadap pencapaian kemampuan koneksi matematis. (2) menganalisis kemampuan koneksi matematis peserta didik dengan menerapkan written feedback pada model project-based learning ditinjau dari minat belajar. (3) menganalisis kesalahan siswa pada tes kemampuan koneksi berdasarkan Newman’s Error Analysis ditinjau dari minat belajar. Metode penelitian menggunakan mixed method model sequential explanatory dengan desain penelitian ini menggunakan post-test only control terhadap kelas eksperimen dan kelas kontrol di SMK Samudra Nusantara Cirebon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan written feedback pada model project-based learning efektif terhadap pencapaian kemampuan koneksi matematis, dengan kriteria, (a) rata-rata kemampuan koneksi matematis siswa pada pembelajaran yang menerapkan written feedback pada model project-based learning lebih dari kriteria minimum, (b) proporsi kemampuan koneksi matematis siswa pada pembelajaran yang menerapkan written feedback pada model project-based learning tidak sama dengan 75% atau lebih dari 75%, (c) terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata kemampuan koneksi matematis siswa pada kelas menerapkan written feedback pada model project-based learning lebih baik dari pada menggunakan model project-based learning, (d) adanya pengaruh minat belajar siswa terhadap kemampuan koneksi matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan written feedback pada model project-based learning sebesar 81,1%. Kemampuan koneksi matematis siswa kategori minat belajar tinggi mampu menguasai semua indikator, kemampuan koneksi matematis siswa kategori minat belajar sedang mampu menguasai dua indikator kemampuan koneksi, dan kemampuan koneksi matematis siswa kategori minat belajar rendah hanya mampu menguasai satu indikator. Berdasarkan Newman’s Error Analysis kategori minat belajar tinggi melakukan kesalahan pada tahap process skill dan writing the final answer; siswa dengan minat belajar sedang melakukan kesalahan pada tahap transformation, process skill dan writing the final answer; siswa dengan minat belajar rendah melakukan kesalahan pada tahap understanding, transformation, process skill dan writing the final answer.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Koneksi Matematis, Minat Belajar, Written Feedback, Project-Based Learning |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 04 Oct 2024 02:50 |
Last Modified: | 04 Oct 2024 02:50 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64522 |
Actions (login required)
View Item |