IMPLEMENTASI METODE TALKING STICK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA PRANCIS PADA SISWA KELAS XI MIPA 1 SMA NEGERI 1 CILACAP


Putri Dwi Puspita Ning Tias, 2301418025 (2023) IMPLEMENTASI METODE TALKING STICK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA PRANCIS PADA SISWA KELAS XI MIPA 1 SMA NEGERI 1 CILACAP. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2301418025_Putri Dwi Puspita.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan berbicara digunakan untuk bertukar informasi dan berita. Keterampilan berbicara dalam pembelajaran bahasa Prancis merupakan salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa selain pemahaman lisan, pemahaman tertulis dan produksi tertulis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara dalam bahasa Prancis di kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Cilacap setelah menggunakan metode tongkat bicara terhadap bisaan dan kemauan (la disponibiltè et la volontè). Penelitian ini menggunakan metode penelitian one-group post-test design dengan pre-test, treatment, dan post-test. Objek penelitian ini adalah siswa SMA kelas X MIPA 1 SMA N 1 Cilacap. Data penelitian dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji-t. Nilai rata-rata pretest sebesar 68 dan posttest sebesar 72. Hasil uji-t menunjukkan bahwa nilai t-test sebesar 0,000<0,05 dan t table (t hitung 13.942 > t tabel 2.042). Dengan demikian, terdapat peningkatan nilai produksi lisan bahasa Prancis pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Cilacap yang menggunakan metode tongkat bicara.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran, Talking Stick, Keterampilan Berbicara
Subjects: P Language and Literature > PDA French Languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 03 Oct 2024 07:26
Last Modified: 03 Oct 2024 07:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64520

Actions (login required)

View Item View Item