PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS INFERENTIALISM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA


Rick Hunter Simanungkalit, 0401617003 (2023) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS INFERENTIALISM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA. Doctoral thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 0401617003 - Rick Hunter Simanungkalit.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (20MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan penalaran matematis adalah salah satu kemampuan yang penting dan harus dilatihkan ke peserta didik. Salah satu dimensi profil pelajar pancasila adalah bernalar kritis, sehingga perlu perhatian dan penelitian mendalam tentang kemampuan penalaran matematis. Saat ini belum ada model pembelajaran yang spesifik dalam menumbuhkan kemampuan penalaran matematis. Konstruktivisme adalah dasar yang paling sering digunakan dalam pembelajaran matematika. Beberapa pakar dan peneliti telah menguraikan masalah sebagai kritik pada konstruktivisme. Inferentialism adalah alternatif solusi yang ditawarkan dalam mengatasi masalah yang melekat pada pembelajaran konstruktivisme. Inferentialism adalah kerangka teori yang berfokus pada kemampuan penalaran matematis siswa. Untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa dan mengatasi masalah pada konstruktivisme maka dikembangkan sebuah model pembelajaran yang disebut dengan model pembelajaran berbasis inferentialism. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan model pembelajaran berbasis inferentialism yang valid, praktis, dan efektif sehingga layak untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa SMP. Model pembelajaran berbasis inferentialism memiliki sintaks yang terdiri atas 6 (enam) fase, yaitu: 1) Apperception, 2) Responsive to Reasoning, 3) Space of Reasoning, 4) Scorekeeping, 5) Deduce, dan 6) Closing. Penelitian pengembangan ini menggunakan desain model pengembangan yang diadaptasi dari Borg & Gall yang terdiri atas 3 (tiga) tahap, yaitu: 1) Tahap pendahuluan, 2) Tahap Perancangan, dan 3) Tahap Pengujian. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Model pembelajaran berbasis inferentialism valid, ditinjau dari a) validitas isi memenuhi kebutuhan dan pengetahuan yang mutakhir, b) perangkat pembelajaran yang dikembangkan berkategori valid dan dapat digunakan; 2) Model pembelajaran berbasis inferentialism praktis, ditinjau dari keterlaksanaan dari model tersebut pada ujicoba terbatas dan ujicoba luas dan 3) Model pembelajaran berbasis inferentialism efektif, ditinjau dari: a) pengaruhnya terhadap kemampuan penalaran matematis siswa, dan b) respon siswa terhadap perangkat pembelajaran dan proses pembelajaran yang telah dilakukan berkategori baik.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Konstruktivisme, Inferentialism, Model Pembelajaran Berbasis Inferentialism, Kemampuan Penalaran Matematis.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S3
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 27 Sep 2024 02:59
Last Modified: 27 Sep 2024 03:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64231

Actions (login required)

View Item View Item