PENGEMBANGAN E-MODUL DENGAN FASE VAN HIELE PADA MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP


Aliq Fiya Kamalasari, 0401518070 (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL DENGAN FASE VAN HIELE PADA MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 0401518070_Aliq Fiya.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan produk e-modul dengan Fase Van Hiele untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. (2) menganalisis kevalidan, kepraktisan dan keefektifan e-modul dengan Fase Van Hiele untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. E-modul dengan Fase Van Hiele ini dibuat dengan menggunakan website dengan tahapan-tahapan pada Fase Van Hiele yang diimplementasikan pada e-modul tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 21 Semarang. Implementasi e-modul dalam pembelajaran menggunakan model Discovery Learning. Hasil penelitian ini menghasilkan produk e-modul berupa website pembelajaran dengan alamat www.sinaumatematika.com yang dapat diakses dengan menggunakan browser di komputer maupun smartphone. Website pembelajaran ini berisi materi pembelajaran yang disusun dengan Fase Van Hiele, contoh soal dan latihan soal. Kriteria kevalidan dari validasi oleh ahli materi dan ahli media dalam kategori baik dengan persentase 81%. Kriteria kepraktisan dari rata-rata respon angket kepraktisan oleh siswa adalah 84% dengan kategori baik. Dan evaluasi dari implementasi e-modul dengan Fase Van Hiele ini adalah nilai peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa menunjukkan bahwa rata-rata persentase peningkatan siswa pada kelas eksperimen yaitu 47% lebih tinggi dari siswa pada kelas kontrol yaitu 39%. Hasil uji ketuntasan klasikal menunjukkan rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa yang diberi menggunakan e-modul dengan Van Hiele lebih dari 75 (KKM). Kemudian, hasil uji banding menunjukkan bahwa rata�rata peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol dengan taraf sig. 0,037<0,005 , sehingga implementasi e�modul dengan fase Van Hiele ini memenuhi kriteria keefektifan. Saran dari penelitian ini adalah bahan ajar dapat dikembangkan lagi dengan materi yang lebih lengkap dan untuk meningkatkan kemampuan matematis lain dan dengan soal yang berorientasi pada kemampuan berpikir tingkat tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: E-Modul, Van Hiele, Discovery Learning, Kemampuan berpikir kreatif
Subjects: L Education > L Education (General) > difficulty learning
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 26 Sep 2024 07:35
Last Modified: 26 Sep 2024 07:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64219

Actions (login required)

View Item View Item