KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERNUANSA ETNOMATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF


SUMAYANI, 0401518060 (2023) KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERNUANSA ETNOMATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 0401518060 - Sumayani Unnes.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Koneksi matematika merupakan keterkaitan yang terjadi antar topik matematika dengan kehidupan sehari-hari maupun keterkaitan antara matematika dengan disiplin ilmu lain. Siswa masih memandang sulit pelajaran matematika di sekolah. Hal ini tercermin dari masih lemahnya hasil penilaian matematika dan respon siswa yang masih kesulitan menyelesaikan soal matematika (Isrok’atun, 2018). Penelitian ini bertujuan untuk menguji kualitas pembelajaran matematika dan mendeskripsikan kemampuan koneksi matematika ditinjau dari gaya kognitif siswa pada model pembelajaran Problem Based Learning bernuansa etnomatematika. Metode dalam penelitian ini adalah metode campuran dengan strategi concurrent embedded. Penelitian kualitatif digunakan sebagai metode sekunder dan penelitian kuantitatif digunakan sebagai metode primer. Penelitian ini dilakukan pada kelas VII SMPN 7 Pujut tahun ajaran 2022/2023 dengan kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C. Subjek penelitian sebanyak 22 siswa adalah semua siswa di kelas eksperimen yang mengikuti tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) pembelajaran dengan model Problem Based Learning bernuansa etnomatematika terhadap kemampuan koneksi matematika berkualitas. Hal ini ditunjukkan pada tahap perencanaan pembelajaran yang disusun telah valid, keterlaksanaan proses pembelajaran dalam kategori baik. (2) Subjek dengan karakteristik gaya kognitif field independent dalam menjawab soal Tes TKKM mampu merunutkan struktur jawaban pekerjaan, mampu memahami masalah dengan baik, subjek dapat menuliskan unsur-unsur yang diketahui dan apa yang ditanyakan dari permasalahan dan mampu memodelkan masalah kedalam persamaan matematika, namun ada juga subjek yang belum mampu memodelkan permasalahan ke dalam persamaan matematika dari beberapa soal TKKM namun hanya sebagian kecil. Sedangkan karakteristik kemampuan koneksi matematis siswa dengan gaya kognitif siswa field defendent adalah dalam menyelesaikan dan menuliskan langkah-langkah penyelesaian masalah kurang terstruktur, runut, sistematis dan jelas. Misalnya dalam menuliskan apa yang diketahui, apa yang ditanyakan dalam soal dan dalam menjawab soal TKKM. Karakteristik lain yang dimiliki siswa dengan gaya kognitif field defendent adalah siswa dapat menuliskan dan menyelesaikan soal TKKM dengan benar tetapi tidak menuliskan penyelesaian dengan lengkap. Namun ada juga subjek penelitian yang mampu menyelesaikan masalah dan mampu membuat persamaan kedalam model matematika dan mampu menuliskan penyelesaian dengan lengkap.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Koneksi Matematika, Problem Based Learning, Etnomatematika, Gaya Kognitif
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 26 Sep 2024 07:29
Last Modified: 26 Sep 2024 07:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64217

Actions (login required)

View Item View Item