Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dengan Pembelajaran SAVI bernuansa Etnomatematika


Mas’ud Rifai, 0401518020 (2023) Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dengan Pembelajaran SAVI bernuansa Etnomatematika. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 0401518020_Mas'ud Rifai.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu aspek penting dalam pembelajaran matematika. Kemampuan tersebut memegang peran penting dalam membantu peserta didik untuk mengubah permasalahan matematika menjadisimbol atau model matematika yang dapat lebih mempermudah menyelesaikan permasalahan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Dharma Lestari Salatiga. Metode penelitian ini adalah eksperimen untuk mencari perlakuan tertentu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Dharma Lestari Salatiga tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini mengambil dua kelas sebagai sampel penelitian di SMP Dharma Lestari. Dua kelas tersebut terdiri dari satu kelas sebagai kelompok eksperimen dan satu kelas sebagai kelompok kontrol. Kelompok eksperimen akan diberikan perlakuan berupa pembelajaran model SAVI bernuansa Etnomatematika, dan kelompok kontrol diberi perlakuan berupa pembelajaran model SAVI. Pengambilan sampel ini berdasarkan teknik cluster random sampling, yaitu kelompok kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan pembelajaran SAVI bernuansa etnomatematika mencapai hasil yang lebih baik dibanding dengan kemampuan komunikasi siswa menggunakan pembelajaran SAVI. Hal ini di mungkinkan sesuai sintaks SAVI yakni pada bab persiapan guru sudah mulai membangkitkan minat, memberikan respon positif dan menempatkan siswa dalam situasi yang optimal dengan memberikan contoh permasalahan yang terdapat pada lingkungan sekitar di mana terfokus pada nuansa etnomatematika. Materi penelitian berkaitan dengan konsep lingkaran. Pada pembelajaran SAVI bernuansa etnomatematika kelas eksprimen, guru mengkaitkan konsep lingkaran dengan bentuk etnomatematika seperti kesenian drumblek yang dimainkan oleh warga sekitar Salatiga.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis, SAVI
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 26 Sep 2024 07:16
Last Modified: 26 Sep 2024 07:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64213

Actions (login required)

View Item View Item