IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PENGUASAAN KONSEP ELASTISITAS SISWA SMA


Tati Umi Habibah, 4201416085 (2021) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PENGUASAAN KONSEP ELASTISITAS SISWA SMA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4201416085 - Tati Umi Habibah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Setiap siswa memiliki gaya belajar yang berbeda-beda dalam menerima pelajaran yang diberikan oleh guru. Pembelajaran yang bersifat monoton membuat siswa merasa sulit memecahkan permasalahan fisika. Pembelajaran fisika model problem solving diterapkan sebagai model pembelajaran pemecahan masalah yang menciptakan interaksi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengaruh implementasi model problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep, mengidentifikasi hubungan antara kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep serta respon siswa setelah diimplementasikan pembelajaran problem solving. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan sampel siswa kelas XI MIPA SMA N 5 Semarang. Desain penelitian adalah Pretest-Posttest Control Group Design dengan subjek penelitian kelas kontrol adalah XI MIPA 10 dan subjek penelitian kelas eksperimen adalah XI MIPA 8. Sampel penelitian sejumlah 103 siswa dipilih secara purposive sampling dengan pengarahan dari guru. Data yang dianalisis berupa hasil soal tes indikator kemampuan berpikir kritis dan indikator penguasaan konsep, serta angket respon siswa. Implementasi model pembelajaran problem solving mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini ditunjukan dari hasil uji-t diperoleh Sig.(2- tailed) yaitu 0,000 < 0,05 dan uji N-gain menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 0,64 dalam kategori “sedang” pada kelas eksperimen. Terdapat pengaruh yang signifikan dalam peningkatan penguasaan konsep siswa dengan nilai uji-t diperoleh Sig.(2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05 dan uji N-gain menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa sebesar 0,59 dalam kategori “sedang” pada kelas eksperimen. Hubungan kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep termasuk dalam kategori kuat. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji korelasi product moment diperoleh r = 0,7274

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Problem Solving, Kemampuan Berpikir Kritis, Penguasaan Konsep
Subjects: L Education > L Education (General) > difficulty learning
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 26 Sep 2024 03:51
Last Modified: 26 Sep 2024 03:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64195

Actions (login required)

View Item View Item