PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PROGRAM LINEAR BERBASIS ANDROID DENGAN PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA


Fitri Novitasari, 4101417157 (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PROGRAM LINEAR BERBASIS ANDROID DENGAN PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4101417157 - Fitri Novitasari.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Hasil studi awal menunjukkan kemampuan siswa dalam memecahkan permasalahan matematika masih rendah. Bahan ajar yang masih terbatas, kurang inovatif dan kurang menarik untuk meningkatkan kemauan belajar. Penggunaan besar-besaran android dalam kehidupan sehari-hari dapat digunakan oleh guru untuk mengembangkan pembelajaran yang didukung oleh ponsel pintar atau berbasis android. Senada dengan hasil observasi di SMA Negeri 1 Bergas diketahui bahwa proses pembelajaran matematika kurang efektif, terlebih saat pembelajaran daring. Bahan ajar yang digunakan sebatas buku ajar yang disediakan pemerintah dengan didampingi LKS, bersifat monoton dan kurang menarik minat siswa untuk belajar. Hasil angket menunjukkan siswa tertarik terhadap adanya inovasi bahan ajar yang digunakan dalam proses pembelajaran. Bahan ajar diharapkan lebih praktis, dapat digunakan kapan saja dan di mana saja. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar program linear berbasis android dengan pendekatan etnomatematika yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan modifikasi model ADDIE. Hasil penelitian diperoleh bahwa bahan ajar memiliki kriteria sangat valid dengan rata – rata persentase uji kevalidan materi dan uji kevalidan media , sangat praktis dengan rata – rata uji kepraktisan , dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang meliputi: (1) rata – rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah penggunaan bahan ajar memenuhi ketuntasan individual, yaitu ; (2) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah penggunaan bahan ajar mencapai batas ketuntasan individu secara proporsi yaitu lebih dari siswa mencapai batas tuntas; (3) bahan ajar mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan hasil N�Gain sebesar pada kriteria sedang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Program Linear, Android, Etnomatematika, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 26 Sep 2024 03:43
Last Modified: 26 Sep 2024 03:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64191

Actions (login required)

View Item View Item