KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE PADA PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING BERBANTUAN WORDWALL


Rike Kharisma Syahrani, 4101419023 (2023) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE PADA PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING BERBANTUAN WORDWALL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4101419023_Rike Kharisma Syahrani - Rike Kharisma Syahrani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis siswa SMP Negeri 20 Semarang belum optimal. Oleh karena itu, diperlukan suatu perlakuan sebagai upaya untuk mengoptimalkan kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa yang ditinjau dari self-confidence melalui pembelajaran Reciprocal Teaching berbantuan Wordwall materi peluang pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 20 Semarang. Jenis penelitiannya yaitu mixed methods dengan desain penelitian posttest only control design. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VIII di SMP Negeri 20 Semarang tahun pelajaran 2022/2023 yang terdiri dari 8 kelas yaitu kelas VIII A�VIII H sebanyak 256 siswa. Sedangkan ukuran sampel dalam penelitian ini adalah 32 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 32 siswa sebagai kelompok kontrol. Penentuan subjek penelitian dipilih 6 subjek penelitian dari masing-masing dua siswa dengan self-confidence tertinggi dan terendah untuk setiap kategori self�confidence tinggi, sedang, dan rendah. Pada penelitian ini menggunakan instrumen tes kemampuan komunikasi matematis dan angket self-confidence. Teknik analisis data menggunakan uji proporsi, uji t independent dan uji regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan komunikasi matematis siswa dengan pembelajaran Reciprocal Teaching berbantuan Wordwall pada materi peluang kelas VIII mencapai ketuntasan secara klasikal, (2) kemampuan komunikasi matematis siswa dengan pembelajaran Reciprocal Teaching berbantuan Wordwall lebih baik dari pada kemampuan komunikasi matematis siswa dengan pembelajaran Problem Based Learning, (3) terdapat pengaruh self-confidence siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa setelah mengikuti pembelajaran Reciprocal Teaching berbantuan Wordwall, (4) dua siswa dengan self-confidence tinggi mampu mencapai indikator kemampuan komunikasi matematis aspek written text dan mathematical expressions; dua siswa dengan self-confidence sedang mampu mencapai indikator kemampuan komunikasi matematis aspek drawing dan mathematical expressions; dan dua siswa dengan self-confidence rendah hanya dominan pada indikator kemampuan komunikasi matematis aspek drawing.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis, Self-Confidence, Reciprocal Teaching, Wordwall
Subjects: Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 25 Sep 2024 06:22
Last Modified: 25 Sep 2024 06:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64142

Actions (login required)

View Item View Item