PEMBUATAN MEDIA VIDEO TUTORIAL PADA MATERI TEDAK SITEN MATA KULIAH MAKANAN ISTIMEWA


Atria Ray Delta Rivani, 5404416045 (2023) PEMBUATAN MEDIA VIDEO TUTORIAL PADA MATERI TEDAK SITEN MATA KULIAH MAKANAN ISTIMEWA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5404416045 - Atria Ray.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Dunia pendidikan terus berkembang. Menggunakan teknologi dalam pembelajaran membantu mahasiswa belajar lebih mudah dan memahami apa yang mereka lakukan. Banyak mahasiswa lebih memilih belajar melalui media audiovisual karena menarik, mudah diakses dan tidak membosankan. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan peneliti kepada mahasiswa, pendidik masih menggunakan metode konvesional seperti power point dan modul dalam proses belajar mengajar. Selain itu, beberapa pendidik menggunakan media berbasis video yaitu video tutorial youtube. Video tutorial yang digunakan di youtube masih kurang lengkap dalam menyampaikan materi jadah 7 warna dan bubur merah putih 7 rupa sehingga kurang efektif dan menimbulkan suasana yang membosankan bagi peserta didik. Karena kurangnya media untuk mendukung belajar mengajar, diperlukan media pembelajaran yang memudahkan mahasiswa memahami materi. Media pembelajaran yang cocok dan dipilih untuk penelitian ini adalah media pembelajaran video tutorial. Sebelum menggunakan media dalam proses pembelajaran, beberapa indikator penilaian kelayakan harus diuji aspek materi dan media. Oleh karena itu, diperlukan penelitian untuk menentukan desain media yang tepat dan sesuai digunakan untuk mendukung pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk media pembelajaran video tutorial pembuatan jadah 7 warna dan bubur merah putih 7 rupa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Penelitian ini menggunakan model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan tahun 1974 yaitu empat tahap menurut Sugiyono, yang terdiri dari tahap define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian atau angket penilaian media pembelajaran untuk ahli materi, ahli media, dan respon mahasiswa sejumlah 35 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui angket penelitian dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif persentase. Hasil dari uji kelayakan berdasarkan penilaian ahli materi memperoleh persentase 95,7% yang termasuk pada kategori sangat layak, penilaian ahli media memperoleh persentase 88% yang termasuk pada kategori sangat layak, dan hasil respon mahasiswa menunjukkan persentase 91,1% yang termasuk dalam kategori sangat layak. Simpulan penelitian pembuatan media pembelajaran video tutorial jadah 7 warna dan bubur merah putih 7 rupa termasuk kategori sangat layak dan dapat digunakan. Diharapkan dengan adanya penelitian ini dapat dijadikan acuan untuk menciptakan, mengembangkan media pembelajaran, dan menjadi referensi untuk pembelajaran teori dan praktik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, video tutorial, materi tedak siten
Subjects: T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY2 Tata Boga S1
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 24 Sep 2024 07:00
Last Modified: 24 Sep 2024 07:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64091

Actions (login required)

View Item View Item