PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PEMAHAMAN MEMBUBUT ULIR
Johan Andric Aprilian, 5201419067 (2023) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PEMAHAMAN MEMBUBUT ULIR. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
PDF
Download (6MB) |
Abstract
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah bagian dari sekolah menengah yang misi utamanya adalah mempersiapkan siswanya untuk berkarir di bidang tertentu dan memenuhi standar yang ditetapkan oleh industri. Lulusan SMK siap memasuki dunia kerja. Industri manufaktur atau permesinan merupakan salah satu jenis sektor industri. Proses pembubutan ulir pada mesin bubut diajarkan sebagai bagian dari kurikulum keterampilan teknik pemesinan SMK N 1 Blora. Lulusan masa depan, diharapkan, akan dapat mengubah proses bubut ulir menjadi spesifikasi industri dalam kehidupan profesional mereka. Kenyataannya, gambaran peneliti tentang siswa SMK N 1 Blora yang bekerja dengan mesin bubut mengungkapkan kurangnya pemahaman tentang apa yang dipelajari karena pendidik terus menggunakan metode yang ketinggalan jaman, terutama dalam kompetensi membubut ulir, kurangnya fasilitas sumber belajar dan pengajaran. materi tentang mesin bubut ulir yang mendukung siswa untuk dapat belajar mandiri, dan dinamika kelas yang peran guru masih sangat dominan. Oleh sebab itu, peneliti berharap dapat memberikan suatu sarana dalam pembelajaran yang berupa multimedia pembelajaran putar ulir agar siswa terlibat dalam proses pembelajaran. Untuk mengetahui apakah pemahaman siswa tentang mesin bubut ulir telah meningkat atau tidak, Penelitian ini mengambil pendekatan ilmiah dengan mengajak siswa mengikuti eksperimen nyata. Metodologi penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Tujuan penggunaan instrumen penelitian untuk pengumpulan data dan prosedur kuantitatif atau statistik untuk analisis data adalah untuk menguji dan mengkonfirmasi atau menyangkal praduga. Menggunakan desain pra dan pasca tes untuk mengumpulkan informasi untuk teori pembelajaran. Siswa dari SMK N 1 Blora Program Keahlian Teknik Pemesinan kelas Praktik Pemesinan Bubut (TPM 1 dan TPM 2) berpartisipasi dalam penelitian ini. Karena adanya peningkatan hasil belajar kompetensi ulir setelah penerapan materi pembelajaran berbasis multimedia maka Uji t dilakukan dengan SPSS 26.0 dengan nilai sig (2-tailed) 0.000 0.05 menolak Ho dan menerima Ha. Sesuai dengan pernyataan tersebut, jelas bahwa keterampilan membubut ulir siswa jauh lebih baik ketika mereka memiliki akses ke peralatan pembelajaran berbasis multimedia. Siswa Program Keahlian Teknik Pemesinan SMK N 1 Blora mengalami peningkatan pengetahuan kompetensi membubut ulir setelah dipaparkan materi pembelajaran multimedia, menurut penelitian terbaru (P = 0.83).
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia, Hasil Belajar, Membubut Ulir |
Subjects: | T Technology > TYA Teknik Sipil |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1 |
Depositing User: | Kharisma ADHIARYA |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 02:30 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 02:30 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63414 |
Actions (login required)
View Item |