(ABSTRAK) PENGARUH TINGKAT KESEGARAN JASMANI TERHADAP KECERDASAN PADA SISWA PUTRI KELAS V SD NEGERI PEBATAN 01 TAHUN PELAJARAN 2008/2009


SISWORO , 6101907118 (2009) (ABSTRAK) PENGARUH TINGKAT KESEGARAN JASMANI TERHADAP KECERDASAN PADA SISWA PUTRI KELAS V SD NEGERI PEBATAN 01 TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) PENGARUH TINGKAT KESEGARAN JASMANI TERHADAP KECERDASAN  PADA SISWA PUTRI KELAS V SD NEGERI PEBATAN 01  TAHUN PELAJARAN 2008/2009]
Preview
PDF ((ABSTRAK) PENGARUH TINGKAT KESEGARAN JASMANI TERHADAP KECERDASAN PADA SISWA PUTRI KELAS V SD NEGERI PEBATAN 01 TAHUN PELAJARAN 2008/2009) - Published Version
Download (48kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Adakah Pengaruh Tingkat Kesegaran Jasmani Terhadap Kecerdasan pada Siswa Putri Kelas V SD Negeri Pebatan 01 Tahun Pelajaran 2008/ 2009 ?. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tingkat kesegaran jasmani terhadap kecerdasan siswa putri kelas V SD Negeri Pebatan 01 Tahun Pelajaran 2008/ 2009 Hipotesis penelitian ini adalah Ada Pengaruh Tingkat Kesegaran Jasmani Terhadap Kecerdasan Pada Siswa Putri Kelas V SD Negeri Pebatan 01 Tahun Pelajaran 2008/ 2009. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi yang digunakan adalah siswa puteri kelas V SD Negeri Pebatan 01 Tahun Pelajaran 2008/2009 yang berjumlah 22 orang. Teknik pengambilan sampel dengan sampling jenuh yaitu teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Sampel penelitian adalah siswa puteri kelas V SD Negeri Pebatan 01 Tahun Pelajaran 2008/2009 yang berjumlah 22 orang. Teknik pengumpulan data dengan metode tes dan intrumen penelitian menggunakan tes kesegaran jasmani dan tes kecerdasan (IQ). Metode analisis data yang digunakan adalah rumus persentase, analisis statistik deskriptif, analisis regresi linier dan korelasi. Hasil analisis regresi linier sederhana diperoleh koefisien regresi (r) sebesar 0,208 tidak sama dengan 0, berarti Hipotesis Nol (Ho : Tidak ada pengaruh tingkat kesegaran jasmani terhadap kecerdasan pada siswa puteri kelas V SD Negeri Pebatan 01 Tahun Pelajaran 2008/2009) ditolak, sedangkan Hipotesis Alternatif (Ha : ada pengaruh tingkat kesegaran jasmani terhadap kecerdasan pada siswa puteri kelas V SD Negeri Pebatan 01 Tahun Pelajaran 2008/2009) diterima yang berarti ada pengarh tingkat kesegaran jasmani terhadap kecerdasan siswa puteri kelas V SD Negeri Pebatan 01 Tahun Pelajaran 2008/2009. Hasil perhitungan analisis uji t diperoleh t hitung sebesar 0,672. besarnya t hitung dibandingkan dengan besarnya t tabel pada taraf kesalahan 5 % (taraf kepercayaan 95 %) ternyata t hitung lebih kecil dari t tabel ( t hit = 0,672 < t tabel = 2,086), sehingga Hipotesis Nol (Ho : koefisien regresi tidak signifikan) diterima dan Hipotesis Alternatif (Ha : Koefisien Signifikan) ditolak yang berarti koefisien regresi antara variabel tingkat kesegaran jasmani (X) dengan variabel kecerdasan (Y) siswa putri kelas V SD Negeri Pebatan 01 Tahun Pelajaran 2008/2009 tidak signifikan. Simpulan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh tingkat kesegaran jasmani terhadap kecerdasan pada siswa kelas V SD Negeri Pebatan 01 Tahun Pelajaran 2008/2009, akan tetapi tidak signifikan. Saran penulis dalam penelitian ini adalah (1) Hendaknya pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani disiapkan sedemikian rupa agar proses pembelajaran pendidikan jasmani berjalan secara efektif sehingga mampu mengembangkan dan meningkatkan kesegaran jasmani siswa, (2) Untuk mendukung proses pembelajaran pendidikan jasmani yang efektif maka hendaknya sarana dan prasarana pembelajaran pendidikan jasmani ditingkatkan, (3) Usaha untuk mengembangkan dan meningkatkan kesegaran jasmani sebaiknya melibatkan peran keluarga, yaitu dengan memberikan dukungan, kemudahan dan keleluasaan dalam beraktivitas fisik, olahraga serta aktivitas keseharian yang melibatkan fungsi-fungsi anatomis dan fisiologis tubuh secara optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: PENGARUH, TINGKAT KESEGARAN JASMANI, KECERDASAN
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 26 Oct 2011 01:40
Last Modified: 26 Oct 2011 01:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6259

Actions (login required)

View Item View Item