PENGEMBANGAN BANK SOAL DIGITAL UNTUK PENILAIAN KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI SISWA (Studi Kasus: SDN Ngaliyan 04 Kota Semarang)


Heronimus Randa, 5302418068 (2023) PENGEMBANGAN BANK SOAL DIGITAL UNTUK PENILAIAN KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI SISWA (Studi Kasus: SDN Ngaliyan 04 Kota Semarang). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skrpsi] PDF (Skrpsi)
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Guru Kelas di SDN Ngaliyan 04 Kota Semarang tidak mempunyai soal-soal penilaian yang relevan serta teruji kualitasnya untuk melaksanakan AKM. Sedangkan guru kelas membutuhkan data tentang tingkat kemampuan literasi dan numerasi siswa minimal empat kali dalam setahun untuk kebutuhan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bank soal digital sebagai alat penilaian yang dapat digunakan kapan saja. Pelaksanaan penelitian menggunakan metode R&D, yaitu menganalisa segala kebutuhan dan literatur untuk pemecahan masalah dengan mengembangkan produk. Lalu bank soal dikembangkan menggunakan model 4D, yaitu pengembangan alat pembelajaran yang efektif namun efisien. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling, dan kualitas bank soal diujikan melalui analisis kuantitatif. Analisis kuantitatif model klasik mendiskualifikasi 6 dari 50 soal dengan reabilitas sebesar 0,80 kategori sangat tinggi. Lalu 44 soal yang tersisa dianalisis lagi menggunakan analisis kuantitatif model Rasch, hasilnya 6 soal terdiskualifikasi dan 30 soal dengan validitas tertinggi dipilih sebagai bank soal digital dengan reabilitas sebesar 0,79. Berdasarkan respon pengguna, bank soal digital memperoleh nilai sebesar 81,8 dengan kategori layak untuk digunakan dalam penilaian kemampuan literasi dan numerasi siswa. Sebaiknya pelaksanaan penilaian menggunakan laptop atau komputer agar mendapatkan tampilan dari bank soal digital yang baik. Kata Kunci: Penilaian Kemampuan Literasi Dan Numerasi Siswa, Bank Soal Digital

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Penilaian Kemampuan Literasi Dan Numerasi Siswa, Bank Soal Digital
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 22 Apr 2024 08:02
Last Modified: 22 Apr 2024 08:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62571

Actions (login required)

View Item View Item