PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI NIHONGO ASYIK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA KANJI N5 SISWA SMAN 1 JATILAWANG


Pramudya Ratna Wardani, 2302418041 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI NIHONGO ASYIK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA KANJI N5 SISWA SMAN 1 JATILAWANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Bahasa jepang memiliki empat jenis huruf yang digunakan yaitu, hiragana, katakana, kanji dan romaji.Pembelajaran kanji diawali ditingkat SMA pada jurusan bahasa dan biasanya didapatkan pada kelas XII. Berdasarkan pada hasil survei yang dilakukan oleh peneliti kepada siswa kelas XII jurusan bahasa SMAN 1 Jatilawang, kesulitan yang paling umum dihadapi oleh siswa yaitu menghafal huruf kanji. Dari data studi pendahuluan terhadap 35 siswa SMAN 1 Jatilawang kelas XII jurusan Bahasa, sekitar 17 siswa menjawab mereka menggunakan aplikasi nihongo asyik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh penggunaan aplikasi nihongo asyik terhadap kemampuan membaca kanji serta untuk menganalisis dan mendeskripsikan respon siswa setelah menggunakan aplikasi nihongo asyik. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif dengan metode Quasi Experiment. Hasil rata-rata post test adalah 81,8. Berdasarkan hasil uji t-test post-test diperoleh signifikasi sebesar 0,000<0,05 maka dengan demikian penggunaan aplikasi nihongo asyik berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa. Berdasarkan hasil angket siswa mengenai aplikasi nihongo asyik, siswa merasa sangat terbantu dalam mempelajari huruf kanji di luar sekolah karena pada aplikasi ini memiliki tampilan yang menarik serta cara penggunaan aplikasi ini mudah dipahami.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Aplikasi Nihongo Asyik, Kemampuan Membaca Kanji
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 25 Mar 2024 04:51
Last Modified: 25 Mar 2024 04:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62308

Actions (login required)

View Item View Item