Pengaruh Keseimbangan Kehidupan-Pekerjaan dan Kepuasan Instrinsik pada Kinerja dengan Keterikatan Kerja sebagai Pemediasi (Studi pad Guru SMK Negeri Mojosongo Kabupaten Boyolali)


Bagus Adi Satria, 7311417047 (2022) Pengaruh Keseimbangan Kehidupan-Pekerjaan dan Kepuasan Instrinsik pada Kinerja dengan Keterikatan Kerja sebagai Pemediasi (Studi pad Guru SMK Negeri Mojosongo Kabupaten Boyolali). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Keseimbangan Kehidupan-Pekerjaan dan Kepuasan merupakan hal penting bagi organisasi maupun perusahaan karena hal-hal ini berhubungan dengan Kinerja yang dihasilkan oleh pekerja di dalamnya. Keterikatan Kerja berpengaruh terhadap Kinerja dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diberikan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh keseimbangan Kehidupan-Pekerjaan dan Kepuasan Intrinsik terhadap Kinerja melalui Keterikatan Kerja sebagai variabel mediasi. Perangkat lunak IBM SPSS Statistics 26 digunakan untuk mengolah data dalam penelitian ini. Uji yang dilakukan adalah uji normalitas, multikolinieritas, heterokedastisitas, uji t, serta analisis jalur. Penelitian ini dilakukan pada 108 orang guru mata pelajaran di SMK Negeri 1 Mojosongo Kabupaten Boyolali. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan studi kepustakaan. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel dengan non-probability sampling yaitu teknik sampling jenuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Keseimbangan Kehidupan-Pekerjaan berpengaruh terhadap Kinerja, sementara Kepuasan Intrinsik tidak berpengaruh terhadap Kinerja. Keterikatan Kerja dapat memediasi secara sebagian pada hubungan Keseimbangan Kehidupan-Pekerjaan terhadap Kinerja dan dapat memediasi secara penuh pada hubungan Kepuasan Intrinsik terhadap Kinerja. Simpulan dari penelitian ini Keseimbangan Kehidupan-Pekerjaan dan Kepuasan Intrinsik yang optimal akan mempengaruhi Keterikatan Kerja sehingga berpengaruh pula terhadap Kinerja. Saran bagi instansi yaitu untuk mengadakan kegiatan pelatihan, seminar dan workshop atau pelatihan profesi lainnya secara berkesinambungan demi meningkatkan kualitas pekerja.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keseimbangan Kehidupan-Pekerjaan, Kepuasan Intrinsik, Kinerja, Keterikatan Kerja
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 07 Feb 2024 08:18
Last Modified: 07 Feb 2024 08:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61938

Actions (login required)

View Item View Item